Tehnik Fotografi Flatlay sebagai Bentuk Strategi Marketing Online UMKM Sasaka Patengan

Tehnik Fotografi Flatlay sebagai Bentuk Strategi Marketing Online UMKM Sasaka Patengan

Penelitian mengenai kopi merupakan salah satu bentuk kegiatan dari Fakultas Industri Kreatif, Telkom University yang bekerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup dan kehutanan, kegiatan penelitian yang berlangsung di LMDH Sasaka Patengan Ciwidey Kabupaten bandung. Kegiatan Penelitian yang berjudul Tehnik Fotografi Flatlay sebagai bentuk Strategi Marketing Online UMKM Sasaka Patengan, merupakan bentuk kegiatan sebagai solusi dalam menjawab kemajuan yang terjadi dalam era digital ini.

Penelitian ini merupakan Basic Knowledge mengenai pemotretan fotografi produk, dan penelitian ini merupakan bentuk, Hibah Bantuan ilmu dan Teknologi kepada Petani dan para pengurus LMDH Sasaka Patengan, yang memiliki ketertarikan pada dunia fotografi yang berwilayah di daerah kabupaten bandung selatan, Jawa barat. Pada kegiatan penelitian ini ini akan dilakukan di ciwidey, Kabupaten Bandung.

Survey lapangan ke LMDH Sasaka Patengan Ciwidey

Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Memberikan sumbangsih keilmuan khususnya dalam bidang Videografi.
  2. Mengembangkan potensi penjualan dari Usaha kecil dan menengah masyarakat.
  3. Memberikan bantuan modul digital untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.
  4. Membantu dalam mempromosikan Studi Desain Komunikasi Visual – Fakutas Industri Kreatif Universitas Telkom.
  5. 5) Membantu pemerintah dalam program ilmu pengetahuan, Adapun ringkasan kegiatan dari program ini adalah, memberikan wawasan keilmuan mengenai Pembuatan Foto sebagai media promosi di Sosial Media. Sehingga bisa dikembangkan nantinya dalam bidang pendokumentasian promosi dan pariwisata.

Dari hasil observasi yang dilakukan pada UMKM ini ada beberapa permasalah yang ditemukan, diantaranya kurangnya pengetahuan mengenai elemen dasar dokumentasi untuk konten-konten foto produk, walaupun sudah banyak beberapa video konten kreasi yang dibuat dan ditayangkan di media sosial youtube. Kekurangannya ini antara lain, kurangnya pemahaman tentang basic foto, komposisi dan pencahayaan, walaupun ada yang memilik kamera dan juga menggunakan smartphone, tetapi mereka mengalami keterbatasan skill dalam mengembangkan konsep visual yang mereka miliki dalam membuat konten kreasi visual dan juga dalam pengoperasian kameranya.

Proses diskusi dengan petani

Melihat Permasalahan yang ada di UMKM ini, Tim Penelitian memberikan pendampingan  dan juga solusi mengenai bagaimana proses perencanaan dalam pembuatan foto dengan menerapkan konsep Faltlay Photography.

Beberapa hasil karya foto

Pihak Mitra sangat senang mendapat pendampingan dalam penelitian ini, apalagi beberapa karya visual menunjukan hasil yang sangat bagus.


Tim Penelitian

Ketua:
Yosa Fiandra, S.Sn., M.Sn.

Tim:
Dr. Ira Wirasari, S.Sos., M.Ds. (Dosen)
Yayat Sudaryat, S.Sn., M.Sn. (Dosen)

Mahasiswa:
Salman Muhammad Jalaaluddiin.
Riefqi Tri Ananda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *