Archives
Post Categories

PKM Dosen: Pembuatan Material Promosi Kawasan Destinasi Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas Ciwidey Melalui Media Fotografi

PKM Dosen: Pembuatan Material Promosi Kawasan Destinasi Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas Ciwidey Melalui Media Fotografi

Destinasi wisata alam merupakan salah satu bidang usaha pariwisata yang potensial di Indonesia, berlandaskan konsep pertanian dan Objek Wisata, ditunjang oleh posisi geografis serta kondisi alam yang mendukung menjadi tempat tujuan wisata. Saat pandemi Corona (Covid-19), yang melanda dunia pada awal Maret khususnya pariwisata Indonesia membuat banyak tempat tutup dan setelah situasi dinyatakan mulai membaik, maka perlu upaya promosi kembali tempat-tempat wisata. Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas Ciwidey merupakan  salah  satu kawasan  Destinasi  di  Kabupaten  Bandung. Destinasi ini terletak di Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas. Saat pandemi Corona (Covid-19), lokasi itu diyatakan tertutup untuk kunjungan wisatawan  Diperlukan suatu  perancangan  promosi  yang  tepat  dan  efektif,  sehingga  wisatawan  maupun masyarakat  Bandung dan juga masyarakat lainnya  menjadi tertarik kembali  untuk berkunjung  ke  Destinasi  Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas  Ciwidey.

Dari hasil observasi serta kunjungan ke tempat ini, kendala  yang  dihadapi  oleh  Destinasi  Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas Ciwidey adalah minimnya materi promosi, mengingat tidak ada sumber daya pekerja atau SDM yang kompeten dibidang komunikasi visual. Sehingga diperlukan bantuan dan dukungan dari pihak luar untuk membuat material promosi dimana dengan aktifitas promo wisata diharapkan pengunjung wisata meningkat dan pada akhirnya dapat mengangkat ekonomi masyarakat di daerah ini.

 

Gambar 1 : Papan Nama Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas

Sumber : Dokumentasi Tim Abdimas

 

Untuk perancangan material promosi ini dipilih media fotografi karena media ini merupakan media yang dapat diaplikasikan pada kegiatan promosi Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas Ciwidey  baik melalui media cetak maupun digital. Dengan fotografi diharapkan informasi dapat memperlihatkan beberapa area Destinasi agar mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat yang nantinya berakhir pada kunjungan wisata. Dalam membuat pembuatan material promosi melalui media fotografi ini dilakukan pemotretan beberapa objek yang ada di kawasan Objek Wisata Kampung Cai – Ranca Upas, di mana hasil foto-foto mengenai Objek Wisata alam ini kelak dapat di jadikan material promosi.

 

Gambar 2 : Diskusi Mengenai Promosi Kampung Cai Ranca Upas

Sumber : Dokumentasi Tim Abdimas

 

Adapun tim abdimas pada kegiatan ini adalah Sonson Nurusholih (dosen DKV Advertising – FIK) sebagai ketua, kemudian M. Hidayattuloh (dosen DKV Advertising – FIK) sebagai anggota serta dibantu mahasiswa yaitu Nabiel Alfannur Ramadhan (Mahasiswa DKV – 1601154186), Naufal Aussan (Mahasiswa DKV – 1601160362) serta Irfan Qashidi (Mahasiswa DKV – 1601160362). Kegiatan pemotretan dilakukan pada 10-15 Mei 2020 dan hasilnya di serahkan ke pihak pengelola sebagai aset visual untuk promosi dari tempat wisata ini.

 

Gambar 3 : Foto Aset Visual

Sumber : Dokumentasi Tim Abdimas

 

No Comments

Post A Comment