Archives
Post Categories

PKM Dosen: Perancangan Aset Video Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Wisata Kampung Cai Ranca Upas

PKM Dosen: Perancangan Aset Video Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Wisata Kampung Cai Ranca Upas

Masyarakat yang menjadi mitra dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat pada program PKM dosen Universitas Telkom ini adalah Perhutani, sebagai pengelola Kampung Cai Rancaupas yang merupakan salah satu obyek wisata milik Perhutani yang tergabung dalam Kesatuan Bisnis Mandiri dan Jasa Lingkungan Wilayah (KBM WIJAS) I bersama-sama dengan Kawah Putih dan kolam air panas Cimanggu. Lokasinya di Jalan Raya Ciwidey-Patenggang KM 11. Jaraknya sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung. Jika tak macet, hanya perlu sekitar 1,5 jam untuk sampai ke lokasi ini. Aksesnya sudah baik dengan jalan beraspal, sehingga bisa menggunakan kendaraan beroda empat.

Gambar 1 Gerbang Ranca Upas

 

Sejak tanggal 6 November 2019 tim dosen dari program studi Desain Komunikasi Visual konsentrasi Advertising rutin melakukan kegiatan PKM dengan topik pelatihan strategi promosi untuk Kampung Cai Ranca Upas. Evaluasi dari kegiatan ini adalah pihak pengelola masih membutuhkan banyak masukan mengenai cara mengembangkan konten promosi untuk tempat wisata tersebut. Dari diskusi serta berbincang langsung dengan site manager Kampung Cai Ranca, Bapak Rully Priana, dijelaskan ada beberapa permasalahan yang muncul, namun utamanya terkait dengan masalah promosi (baik dari segi konten hingga media kreatif). Apalagi sejak dimulainya pandemik Covid19 dimana memberikan dampak yang begitu signifikan bagi sektor pariwisata dunia sejak Maret 2020 lalu, maka berbagai kendala promosi yang dihadapi oleh pengelola Kampung Cai Ranca Upas menjadi lebih menantang.

 

Gambar 2 Pengambilan Video di Ranca Upas akhir Juni

 

Terkait dengan permasalahan yang ada di masyarakat sasar yang dituju (khususnya selama pandemi tersebut), maka bentuk solusi yang diberikan adalah dalam bentuk aset video promosi, dimana tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari dua dosen Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom (Sri Maharani Budi dan Ilhamsyah) memberikan materi dalam bentuk konten audio visual untuk pengelola Kampung Cai Ranca Upas melalui dua pelaksana Lapangan, Nabiel Alfannur Ramadhan dan Naufal Ausan. Pelaksanaan kegiatan pengambilan dilaksanakan pada akhir Juni pada saat Ranca Upas telah dibuka, meskipun aktifitas di sekitar wilayah tersebut masih sangat dibatasi oleh pengelola. Kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih keilmuan khususnya program studi Desain Komunikasi Visual untuk masyarakat umum, kemudian juga untuk membantu mengembangkan kuantitas maupun kualitas konten-konten promosi Kampung Cai Rancaupas – utamanya yang berupa audio visual, sehingga dapat meningkatkan Brand Awareness masyarakat yang berujung pada meningkatnya kunjungan wisatawan secara regular dalam jangka panjang. Maka dari itu, diharapkan Konten yang diberikan bisa dipergunakan untuk mengembangkan aktivitas promosi Kampung Cai Ranca Upas yang sudah dibuat dan berdampak dengan tumbuhnya ekonomi di daerah Ranca Upas Ciwidey Kabupaten Bandung ini.

 

Gambar 3 Close Up portrait pengunjung dan logo Ranca Upas pada Aset Video

Sumber: Ramadhan, 2020

 

No Comments

Post A Comment