Perancangan Pemasaran Digital Produk UMKM “Delia Corner”

Perancangan Pemasaran Digital Produk UMKM “Delia Corner”

Di era digitalisasi ini, penggunaan internet sebagai media promosi memiliki manfaat yang besar bagi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan, melalui media promosi penjualan suatu produk dapat tersebar dengan luas, tidak terbatas, dan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Sehingga memudahkan masyarakat sebagai calon konsumen untuk mengetahui produk ataupun jasa yang dijual oleh sebuah UMKM.

Salah satu hal yang mendukung jalannya media promosi ini adalah desain visual. Malalui desain visual yang baik dan menarik dapat menjadi nilai lebih untuk memperkenalkan produk ataupun jasa yang ditawarkan. Namun hal ini masih belum dapat terealisasikan dengan baik pada beberapa UMKM yang ada khususnya di Kota Bandung. Salah satunya yaitu UMKM yang berada dibawah naungan Komunitas Saudagar Someah yaitu Delia Corner.

Berdasarkan pada hasil obervasi yang telah dilakukan, UMKM Delia Corner belum memiliki media pemasaran digital sebagai etalase komersial produk unggulan. Informasi produk yang ditampilkan pada sosial media belum dapat diperoleh secara mendetail oleh konsumen. Di dalam sosial media produk ditampilkan berdasarkan urutan unggahan produk, sehingga konsumen yang tertarik dengan produk UMKM mengalami kesulitan untuk mencari informasi lebih lanjut terkait produk yang diinginkan.

Dalam menyikapi permasalah tersebut, maka tim dosen dan mahasiswa dari program studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Telkom University melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerjasama dengan Delia Corner dalam kegiatan yang berjudul “Perancangan Pemasaran Digital Produk UMKM Delia Corner”. Kunjungan dan penyerahan desain kemasan sebagai pendukung kegiatan promosi telah dilakukan pada hari Jumat, 5 Januari 2024 di rumah dari pemilik Delia Corner yaitu di Jl. Komplek Griya Cinunuk Indah, Kecamatan Cileunyi. Dari hasil program tersebut diharapkan meningkatnya daya tarik calon konsumen dan lebih dikenal oleh masyarakat luas.


TIM PENGABDIAN MASYARAKAT:

Ketua:
Olivine Alifaprilina Supriadi, S.Ds., M.Ds.
Anggota Dosen:
Tiara Radinska Deanda, S.Sn., M.Ds.
Apsari Wiba Pamela, S.Ds., M.Ds.
Anggota Mahasiswa:
Muhammad Arya Wiguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *