Koordinator Peminatan

Ardy Aprilian Anwar, S.Pd., M.Sn.


Profil Singkat

Peminatan desain multimedia berada di dalam program studi S1 Desain Komunikasi Visual. Peminatan ini memfasilitasi studi mahasiswa yang berminat memperdalam keahliannya di bidang gambar bergerak untuk memenuhi perannya sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat ke arah yang lebih baik. Salah satu bidang gambar bergerak yang paling banyak diminati dalam peminatan desain multimedia adalah konsentrasi animasi. Konsentrasi animasi memberikan pemahaman dan kompetensi kepada mahasiswa bagaimana memberikan solusi atas masalah di lingkungan mahasiswa dengan ide-ide kreatifnya dalam bentuk desain karakter, desain background, membuat storyboard, efek visual, dan lainnya. 


Prospek Industri

Prospek industri animasi cukup menjanjikan di masa depan, karena permintaan akan animasi semakin meningkat di berbagai bidang seperti film, iklan, permainan video, dan pemasaran digital. Teknologi yang terus berkembang juga membuka peluang untuk menciptakan konten-konten animasi yang lebih kompleks dan realistis, sehingga meningkatkan permintaan untuk para profesional animasi. Di Indonesia, animasi juga menjadi salah satu sektor industri kreatif yang diharapkan dapat membawa kontribusi ekonomi yang signifikan. Pemerintah Indonesia telah memberikan dukungan untuk perkembangan industri animasi melalui berbagai program dan insentif. Hal ini membuka peluang bagi para lulusan universitas bidang animasi untuk berkarir di industri animasi di Indonesia, baik sebagai freelancer maupun bekerja di perusahaan animasi. Beberapa perusahaan animasi terkenal di Indonesia antara lain Kharisma Animation, BASE Entertainment, dan Infinite Studios. 


Profil Lulusan 

Memiliki kemampuan menganalisis sebuah fenomena dan pendekatan yang akan digunakan dalam proses pengaryaan; membangun perspektif, metode berpikir, dan general action theory, menciptakan (merancang) karya secara mandiri dengan membuat visualization; visual idea, visual design dalam bentuk aspek karakter, motion, environment, serta screenwriting menggunakan aplikasi-aplikasi pendukung Animasi 2D dan 3D. 


Matakuliah yang Diambil

Jenis MK No Nama Mata Kuliah  Penjelasan Mata Kuliah 
Studio Multimedia Studio Multimedia 3 (Multimedia Commercial) mempelajari kebutuhan komersialisasi suatu karya seni di bidang ekonomi kreatif berupa media film, animasi, dan video game dengan memperhatikan pendekatan terhadap kebutuhan konsumen dari industri kreatif. 
Studio Multimedia 4 (Multimedia Design and Production) mempraktikkan proyek/karya melalui konsep perancangan IP (intellectual Properti) komersial yang inovatif, kreatif, kolaboratif dari peran kemampuan individu (di dalam kelompok) sesuai kompetensi dalam konten media animasi, game dan film. 
Studio Multimedia 5 (Pra TA) menciptakan pola baru sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi kreativitas dan menghasilkan konsep dasar untuk perancangan tugas akhir (TA) maupun Skripsi dalam media film, game, dan animasi. 
     
Peminatan Animasi Dasar prinsip dasar animasi dan aplikasi dengan penekanan pada aksi dan personality dari karakter. Ditambah sejarah animasi, perkembangan industri animasi, serta tipe dan teknik animasi. 
Media Bussines Content  memahami berbagai perkembangan konsep serta prinsip teori dan model bisnis sebagai dasar dalam merancang sebuah konten bisnis media sesuai konsentrasi animasi, game dan film. 
Konsep Visual  mengembangkan kemampuan menerjemahkan naskah cerita ke dalam konsep dengan memberikan gambaran visualisasi karakter, background, vehicle dan creature dengan pertimbangan prinsip, elemen/unsur, proses kerja dan nilai-nilai estetika di dalamnya. 
Fotografi Multimedia berbasis Director Of Photography (DOP) dengan konsep kualitas fotografi dan pandangan sinematik sebuah film, mempelajari pencahayaan, lensa, kamera dan konsep photo, hasil akhirnya berupa karya fotografi. 
Storytelling & Dramaturgi memahami lingkup storytelling dan dramathurgi, peran naskah dalam dunia multimedia, menganalisa struktur naskah dan menulis naskah/ teks cerita kemudian menerjemahkannya ke dalam naskah media narasi visual. 
Naskah & Storyboard berpikir, menentukan sikap, memecahkan permasalahan, dan mengambil tindakan berkaitan dengan tugas seorang penulis skenario serta memberikan gambaran visual dengan menerapkan prinsip sinematografi pada skenario yang ditulisnya. 
Antropologi Visual menerapkan metode dan pendekatan antropologis dalam penggalian data dan pemahaman kebudayaan dalam konteks lokal/global; memahami insight kultural baik dari sisi audience (khalayak sasar) maupun subjek dan material kebudayaan yang mereka teliti untuk diterjemahkan dalam karya tulis maupun tugas akhir. 
Sinematografi kemampuan di bidang sinematografi dengan penguasaan dan pemahaman dalam penataan kamera; mempraktekkan teknik sinematografi dalam ranah multimedia desain komunikasi visual khususnya untuk film, animasi dan game. 
Metodologi Penelitian Multimedia melakukan penelitian dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar penelitian, cara-cara melaksanakan proses penelitian, terutama penelitian visual, melalui paradigma kualitatif maupun kuantitatif; mengembangkan keterampilan meneliti mencakup proses dan operasional penelitian, cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data serta penarikan kesimpulan. 
10 Desain Audio memahami penggunaan audio pada kebutuhan karya visual dan mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam desain bunyi melalui cue sheet, recording, editing, mixing, dan mastering untuk menciptakan pengalaman audio yang menarik dalam media film, animasi dan game. 
11 Cultural Studies memahami teori kebudayaan sebagai perspektif untuk melihat fenomena sosial dan khalayak sasar yang mereka angkat sebagai bagian dari karya dan penelitian tugas akhir. 
12 Virtual Desain pemahaman tentang konsep-konsep dasar dalam Augmatied Reality mengenai desain permodelan image berupa data base untuk menampilkan object virtual ke dalam object nyata. 
13 Pasca Produksi mengaplikasikan teknik manipulasi visual dalam software visual effect untuk kebutuhan visual di multimedia seperti color grading, light wrap, camera tracking, dan set extension dalam compositing. 
14 Manajemen Produksi Media melakukan analisis dan sintesis manajemen produksi media berdasarkan prinsip manajemen produksi, struktur, peran pekerjaan serta produksi media animasi, game, dan film. 
     
Pilihan Animasi 2D tahapan yang terdiri dari pencarian ide, riset, pembuatan script, storyboard, desain karakter, background, proses animasi, dan compositing sampai dengan tahap editing serta pemahaman jobdesk yang terlibat dalam pembuatan film animasi pendek. 
Animasi 3D mengimplementasikan proses pembuatan animasi 3D dimulai dari introduksi, pengenalan perangkat lunak terkait, pembuatan model 3D, penerapan texturing, pencahayaan, rendering, hingga rigging, composition, editing pembuatan animasi 3D. 
Animasi 3D 2 (Stop Motion) implementasi proses pembuatan introduksi, wawasan, sampai pembuatan animasi stop motion dengan teknik cut-out, clay, puppet, pixilation, graphic, object, dan silhouette. 

Study Plan

SEMESTER 1
KODEMATA KULIAHSKS
Bahasa Inggris2
Literasi Teknologi2
Pendidikan Agama2
HEI1
Menggambar dasar3
Rupa Dasar 13
Pengantar Studi Seni, Desain, Kriya dan Industri Kreatif3
Menggambar Konstruktif3
Jumlah SKS19

SEMESTER 2
KODEMATA KULIAHSKS
Bahasa Indonesia 2
Literasi Data2
Budaya Nusantara2
Menggambar Lanjut3
Rupa Dasar 23
Tipografi Dasar3
Fotografi Dasar3
Komunikasi dan Media Literasi2
Jumlah SKS20

SEMESTER 3
KODEMATA KULIAHSKS
Studio DKV 1 (Identity Design)4
Komputer Grafis3
Ilustrasi Dasar3
Teknologi Grafika3
Estetika & Sejarah Komunikasi Visual3
Animasi Dasar3
Jumlah SKS19

SEMESTER 4
KODEMATA KULIAHSKS
Studio DKV 2 (Information Design)4
Komputer Multimedia 3
Metodologi Desain & Design Thinking3
Fotografi Multimedia3
Storytelling & Dramaturgi2
MK. Pilihan Peminatan 13
Desain Gim
Animasi 2D
Teori Film
Kewirausahaan2
Jumlah SKS20

SEMESTER 5
KODEMATA KULIAHSKS
Semiotika dan Bahasa Visual2
Studio Multimedia 3 (Multimedia Commercial)4
Media Bussines Content3
Naskah dan Storyboard3
Sinematografi3
MK. Pilihan Peminatan 23
Pemrograman Gim
Animasi 3D
Setting & Property
Antropologi Visual2
Jumlah SKS20

SEMESTER 6
KODEMATA KULIAHSKS
Metodologi Penelitian 2
Bahasa Inggris untuk Seni dan Desain2
Studio Multimedia 4 (Multimedia Design and Production)4
Desain Audio3
Konsep Visual3
Cultural Studies2
MK. Pilihan Peminatan 3
Interface Design3
Animasi Stop Motion
Penyutradaraan
Jumlah SKS19

SEMESTER 7
KODEMATA KULIAHSKS
Kewarganegaraan2
Seminar3
Studio Multimedia 5 (Pra TA)4
Pasca Produksi3
Virtual Desain3
Manajemen Produksi Media2
Kerja Profesi (smstr 6/7)2
Jumlah SKS19

SEMESTER 8
KODEMATA KULIAHSKS
Pancasila (smstr 4/6/8)2
Tugas Akhir/Skripsi6
Hak Kekayaan Intelektual (HKI) (smstr 7/8)2
Jumlah SKS10

Relasi Mata Kuliah


Media Sosial Peminatan

Instagram: @dkv.multimedia