Archives
Post Categories

PERANCANGAN SIGN SYSTEM DI PONDOK PESANTREN ASSUBKIYAH KABUPATEN BANDUNG

PERANCANGAN SIGN SYSTEM DI PONDOK PESANTREN ASSUBKIYAH KABUPATEN BANDUNG

PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT DOSEN DAN MAHASISWA DKV-FIK TELKOM UNIVERSITY

PERANCANGAN SIGN SYSTEM DI PONDOK PESANTREN ASSUBKIYAH KABUPATEN BANDUNG

Periode 1Tahun 2020

 

Program Pengabdian Masyarakat Fakultas Industri Kreatif khususnya program studi DKV yang diselenggarakan oleh Tim Dosen dan mahasiswa,  merupakan program yang berkelanjutkan sesuai dengan road map prodi dan kelompok keilmuan. Adapapun masyarakat sasar pada tahun ini adalah lembaga pendidikan dasar dan menengah dibawah pengelolaan dan yayasan serta lembaga pendidikan yang masih dalam pembinaan.  Ketua tim abdimas adalah I Dewa Alit Dwija Putra, M.Sn. ditemani oleh Dr. M. Isa P. Koesoemadinata, M.Sn. dan dibantu oleh dua mahasiswa angkatan 2017 yaitu Adinda Mega Khumairah dan Farahdiza Az Zahra

Mitra sasar program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kali ini adalah Pondok Pesantren Assubkiyah Kabupaten Bandung. Merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam terpadu dibawah lembaga yayasan pendidikan Daarul Madinah yang diketua oleh Bapak Ecep Husni Aziz, S.Pd.I. Adapun bidang yang dijadikan sasaran adalah melengkapai sarana dan prasarana sebagai bagian dari peningkatan pelayanan terhadap masyarakat umum maupun internal di lingkunagn pondok pesantren.  Fasilitas yang diperlukan tersebut adalah adanya signage atau wayfinding yang memadai, baik dari desain maupun material.

Pondok pesantren Assubkiyah yang terletak di Kampung Sodong, Dusun Nagrak Kecamatan Cangkuang kabupaten Bandung. Untuk mencapai lokasi, cukup sulit menemukan pondok pesantren tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan penempatan signage di beberapa titik yang dapat memberikan petunjuk ke arah pondok pesantren Assubkiyah. Area komplek pesantren tidak begitu luas dan terdiri dari beberapa blok bangunan terbagi dalam beberapa kelas dan ruang operasional, ada  yang belum memiliki penandaan,   seperti, ruang belajar, laboratorium, olah raga, asrama, kantor, kegiatan siswa, dan banyak lagi yang lainnya. Dengan adanya program pengabdian masyarakat mengenai perancangan dan pembuatan sign system untuk pondok pesantren tersebut dapat membantu dan menunjang pelayanan terhadap masyarakat umum maupun masyarakat pesantren.

Kegiatan penyerahan desain dan produk sign system dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2020, bertempat di Pondok pesantren Assubkiyah Bandung. Adapun desain yang diserahkan dalam bentuk file softcopy dan 19 pc produk signage.

 

Penyerahan desain berupa softcopy dan 19 pc produk signage

Pondok pesantren Assubkiyah Bandung

Sign system sebelum dan sesudah di redesign

desain Sign system yang dibuat oleh tim dosen DKV

No Comments

Post A Comment