Archives
Post Categories

Pelatihan Dasar Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Pondok Pesantren Assubkiyah

Pelatihan Dasar Penggunaan Komputer Sebagai Media Pembelajaran di Pondok Pesantren Assubkiyah

Pelatihan Dasar Penggunaan Komputer  Sebagai Media Pembelajaran di Pondok Pesantren Assubkiyah

 

Pondok Pesantren Assubkiyah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang berlokasi di  Kp. Sodong, Ds. Nagrak, Kec. Cangkuang, Kab. Bandung. Merupakan lembaga pendidikan tradisional yang hingga saat ini masih berjalan dan berkembang. Tidak jarang para orang tua yang beragama Islam mengarahkan anak-anaknya untuk mengikuti pendidikan di pesantren, mulai dari anak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Salah satunya adalah di Pondok Pesantren Assubkiyah. Pondok pesantren tersebut menyelenggarakan pendidikan madrasah tsanawiyah (setingkat SMP), dan madrasah aliyah (setingkat SMA).

 

Setiap tahun ajaran baru, lembaga ini selalu menerima santri dan peserta didik baru, dengan harapan dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, pesantren ini juga terus mengembangkan program pembelajaran dan fasilitas sekolah. Saat ini, penggunaan komputer dalam kegiatan akademis di lingkungan Pondok Pesantren Assubkiyah  belum dapat diterapkan secara maksimal, Inisiasi dari program itu sendiri telah dimulai, ditandai dengan penyediaan fasilitas komputer oleh pihak sekolah namun masih terbatas, terutama hanya memiliki sebuah projector saja, dilain pihak keterbatasan kompetensi tenaga pendidik juga masih menjadi kendala.

 

Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pesantren Assubkiyah, maka diadakan pelatihan dasar penggunaan komputer sebagai upaya peningkatan kompetensi bagi tenaga pengajar maupun tenaga administratif Pondok Pesantren Assubkiyah dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui webinar. Pemilihan webdinar sebagai sarana pelatihan mengingat pada saat ini masih dalam masa pandemi covid 19. Peningkatan kompetensi melalui pelatihan penggunaan komputer bagi tenaga pendidik  di lingkungan Pondok Pesantren Assubkiyah menjadi satu potensi pemberian nilai lebih bagi proses belajar mengajar yang ada di lingkungan pesantren.

 

Lokasi kegiatan abdimas dosen, Pondok Pesantren Assubkiyah

Penyampaian materi abdimas melalui webdinar

Video dokumentasi paparan materi yang disampaikan oeh tim dosen

No Comments

Post A Comment