Koordinator Peminatan

Ardy Aprilian Anwar, S.Pd., M.Sn. 


Profil Singkat

Peminatan desain multimedia berada di dalam program studi S1 Desain Komunikasi Visual. Peminatan ini memfasilitasi studi mahasiswa yang berminat memperdalam keahliannya di bidang gambar bergerak untuk memenuhi perannya sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat ke arah yang lebih baik. Konsentrasi game memfasilitasi mahasiswa agar memiliki keterampilan dalam merancang game dan membuat konsep cerita yang menarik, menentukan aturan permainan dan karakter, serta membuat prototipe game. Mereka juga diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam memahami perilaku pengguna dan keterampilan dalam menguji dan menganalisis gameplay untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Selain itu mahasiswa diasah juga untuk memiliki keterampilan dalam menghasilkan elemen visual game yang menarik, seperti karakter, lingkungan, dan objek serta mampu menguasai teknologi terkini dan menggunakan software desain game secara efektif. 


Prospek Industri

Lulusan konsentrasi game memiliki kompetensi dan pengetahuan dalam merancang, mengembangkan, dan memproduksi game baik dari segi desain maupun teknis. Mereka memiliki keterampilan dalam merancang konsep game yang menarik, menentukan karakter dan aturan permainan, membuat prototype game, serta membuat animasi dan efek visual yang memukau. Dalam industri game, lulusan program studi game memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai perusahaan pengembang game, baik perusahaan besar maupun start-up. Mereka dapat bekerja sebagai game designer, game artist, game programmer, dan banyak lagi. Selain itu, lulusan juga dapat memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau mengembangkan game mereka sendiri. Secara keseluruhan, prospek industri game sangat menjanjikan bagi lulusan konsentrasi game, dengan kesempatan karir yang beragam dan prospek pertumbuhan industri yang terus berkembang. 


Profil Lulusan

Memiliki kemampuan menganalisis sebuah fenomena dan pendekatan yang akan digunakan dalam proses pengkaryaan; membangun perspektif, metode berpikir, dan general action theory, menciptakan (merancang) karya secara mandiri dengan membuat visualization; visual idea, visual design dalam bentuk game design, perancangan karakter, environment, dan pengenalan coding, dan penyesuaian dengan gamifikasi untuk berbagai kebutuhan yang diiringi dengan teknologi terkini seperti AR dan VR. 


Matakuliah yang Diambil

Jenis MK No Nama Mata Kuliah  Penjelasan Mata Kuliah 
Studio Multimedia Studio Multimedia 3 (Multimedia Commercial) mempelajari kebutuhan komersialisasi suatu karya seni di bidang ekonomi kreatif berupa media film, animasi, dan video game dengan memperhatikan pendekatan terhadap kebutuhan konsumen dari industri kreatif. 
Studio Multimedia 4 (Multimedia Design and Production) mempraktikkan proyek/karya melalui konsep perancangan IP (intellectual Properti) komersial yang inovatif, kreatif, kolaboratif dari peran kemampuan individu (di dalam kelompok) sesuai kompetensi dalam konten media animasi, game dan film. 
Studio Multimedia 5 (Pra TA) menciptakan pola baru sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi kreativitas dan menghasilkan konsep dasar untuk perancangan tugas akhir (TA) maupun Skripsi dalam media film, game, dan animasi. 
     
Peminatan Animasi Dasar prinsip dasar animasi dan aplikasi dengan penekanan pada aksi dan personality dari karakter. Ditambah sejarah animasi, perkembangan industri animasi, serta tipe dan teknik animasi. 
Media Bussines Content  memahami berbagai perkembangan konsep serta prinsip teori dan model bisnis sebagai dasar dalam merancang sebuah konten bisnis media sesuai konsentrasi animasi, game dan film. 
Konsep Visual  mengembangkan kemampuan menerjemahkan naskah cerita ke dalam konsep dengan memberikan gambaran visualisasi karakter, background, vehicle dan creature dengan pertimbangan prinsip, elemen/unsur, proses kerja dan nilai-nilai estetika di dalamnya. 
Fotografi Multimedia berbasis Director Of Photography (DOP) dengan konsep kualitas fotografi dan pandangan sinematik sebuah film, mempelajari pencahayaan, lensa, kamera dan konsep photo, hasil akhirnya berupa karya fotografi. 
Storytelling & Dramaturgi memahami lingkup storytelling dan dramathurgi, peran naskah dalam dunia multimedia, menganalisa struktur naskah dan menulis naskah/ teks cerita kemudian menerjemahkannya ke dalam naskah media narasi visual. 
Naskah & Storyboard berpikir, menentukan sikap, memecahkan permasalahan, dan mengambil tindakan berkaitan dengan tugas seorang penulis skenario serta memberikan gambaran visual dengan menerapkan prinsip sinematografi pada skenario yang ditulisnya. 
Antropologi Visual menerapkan metode dan pendekatan antropologis dalam penggalian data dan pemahaman kebudayaan dalam konteks lokal/global; memahami insight kultural baik dari sisi audience (khalayak sasar) maupun subjek dan material kebudayaan yang mereka teliti untuk diterjemahkan dalam karya tulis maupun tugas akhir. 
Sinematografi kemampuan di bidang sinematografi dengan penguasaan dan pemahaman dalam penataan kamera; mempraktekkan teknik sinematografi dalam ranah multimedia desain komunikasi visual khususnya untuk film, animasi dan game. 
Metodologi Penelitian Multimedia melakukan penelitian dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar penelitian, cara-cara melaksanakan proses penelitian, terutama penelitian visual, melalui paradigma kualitatif maupun kuantitatif; mengembangkan keterampilan meneliti mencakup proses dan operasional penelitian, cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data serta penarikan kesimpulan. 
10 Desain Audio memahami penggunaan audio pada kebutuhan karya visual dan mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam desain bunyi melalui cue sheet, recording, editing, mixing, dan mastering untuk menciptakan pengalaman audio yang menarik dalam media film, animasi dan game. 
11 Cultural Studies memahami teori kebudayaan sebagai perspektif untuk melihat fenomena sosial dan khalayak sasar yang mereka angkat sebagai bagian dari karya dan penelitian tugas akhir. 
12 Virtual Desain pemahaman tentang konsep-konsep dasar dalam Augmatied Reality mengenai desain permodelan image berupa data base untuk menampilkan object virtual ke dalam object nyata. 
13 Pasca Produksi mengaplikasikan teknik manipulasi visual dalam software visual effect untuk kebutuhan visual di multimedia seperti color grading, light wrap, camera tracking, dan set extension dalam compositing. 
14 Manajemen Produksi Media melakukan analisis dan sintesis manajemen produksi media berdasarkan prinsip manajemen produksi, struktur, peran pekerjaan serta produksi media animasi, game, dan film. 
     
Pilihan Desain Gim fokus pada gameplay, mechanic dan rules ditambah dengan pengetahuan mengenai game art, sejarah dan perkembangan industri game, dan proses produksi game dari mulai pra produksi, produksi sampai dengan paska produksi dengan tujuan membuat rancangan game. 
Pemrograman Gim mengimplementasikan pemrograman game secara sederhana menggunakan perangkat lunak pemrograman untuk mengetahui introduksi mengenai pemrograman game, wawasan umum, algoritma dasar dan pembuatan prototype game berbasis 2D. 
Interface Design memberikan gambaran visual, dan mendesain antarmuka dengan memperhatikan; umpan balik, fungsi dan kontrol, yang berhubungan dengan pertimbangan utama; fungsi, kegunaan, aksesibilitas, dan estetika dalam merancang sebuah interface dalam media video game. 

Study Plan

SEMESTER 1
KODEMATA KULIAHSKS
Bahasa Inggris2
Literasi Teknologi2
Pendidikan Agama2
HEI1
Menggambar dasar3
Rupa Dasar 13
Pengantar Studi Seni, Desain, Kriya dan Industri Kreatif3
Menggambar Konstruktif3
Jumlah SKS19

SEMESTER 2
KODEMATA KULIAHSKS
Bahasa Indonesia 2
Literasi Data2
Budaya Nusantara2
Menggambar Lanjut3
Rupa Dasar 23
Tipografi Dasar3
Fotografi Dasar3
Komunikasi dan Media Literasi2
Jumlah SKS20

SEMESTER 3
KODEMATA KULIAHSKS
Studio DKV 1 (Identity Design)4
Komputer Grafis3
Ilustrasi Dasar3
Teknologi Grafika3
Estetika & Sejarah Komunikasi Visual3
Animasi Dasar3
Jumlah SKS19

SEMESTER 4
KODEMATA KULIAHSKS
Studio DKV 2 (Information Design)4
Komputer Multimedia 3
Metodologi Desain & Design Thinking3
Fotografi Multimedia3
Storytelling & Dramaturgi2
MK. Pilihan Peminatan 13
Desain Gim
Animasi 2D
Teori Film
Kewirausahaan2
Jumlah SKS20

SEMESTER 5
KODEMATA KULIAHSKS
Semiotika dan Bahasa Visual2
Studio Multimedia 3 (Multimedia Commercial)4
Media Bussines Content3
Naskah dan Storyboard3
Sinematografi3
MK. Pilihan Peminatan 23
Pemrograman Gim
Animasi 3D
Setting & Property
Antropologi Visual2
Jumlah SKS20

SEMESTER 6
KODEMATA KULIAHSKS
Metodologi Penelitian 2
Bahasa Inggris untuk Seni dan Desain2
Studio Multimedia 4 (Multimedia Design and Production)4
Desain Audio3
Konsep Visual3
Cultural Studies2
MK. Pilihan Peminatan 3
Interface Design3
Animasi Stop Motion
Penyutradaraan
Jumlah SKS19

SEMESTER 7
KODEMATA KULIAHSKS
Kewarganegaraan2
Seminar3
Studio Multimedia 5 (Pra TA)4
Pasca Produksi3
Virtual Desain3
Manajemen Produksi Media2
Kerja Profesi (smstr 6/7)2
Jumlah SKS19

SEMESTER 8
KODEMATA KULIAHSKS
Pancasila (smstr 4/6/8)2
Tugas Akhir/Skripsi6
Hak Kekayaan Intelektual (HKI) (smstr 7/8)2
Jumlah SKS10

Relasi Mata Kuliah


Media Sosial Peminatan

Instagram: @dkv.multimedia