Peminatan desain multimedia berada di dalam program studi S1 Desain Komunikasi Visual. Peminatan ini memfasilitasi studi mahasiswa yang berminat memperdalam keahliannya di bidang gambar bergerak untuk memenuhi perannya sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat ke arah yang lebih baik. Konsentrasi game memfasilitasi mahasiswa agar memiliki keterampilan dalam merancang game dan membuat konsep cerita yang menarik, menentukan aturan permainan dan karakter, serta membuat prototipe game. Mereka juga diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup dalam memahami perilaku pengguna dan keterampilan dalam menguji dan menganalisis gameplay untuk meningkatkan pengalaman bermain game. Selain itu mahasiswa diasah juga untuk memiliki keterampilan dalam menghasilkan elemen visual game yang menarik, seperti karakter, lingkungan, dan objek serta mampu menguasai teknologi terkini dan menggunakan software desain game secara efektif.
Prospek Industri
Lulusan konsentrasi game memiliki kompetensi dan pengetahuan dalam merancang, mengembangkan, dan memproduksi game baik dari segi desain maupun teknis. Mereka memiliki keterampilan dalam merancang konsep game yang menarik, menentukan karakter dan aturan permainan, membuat prototype game, serta membuat animasi dan efek visual yang memukau. Dalam industri game, lulusan program studi game memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai perusahaan pengembang game, baik perusahaan besar maupun start-up. Mereka dapat bekerja sebagai game designer, game artist, game programmer, dan banyak lagi. Selain itu, lulusan juga dapat memilih untuk bekerja sebagai freelancer atau mengembangkan game mereka sendiri. Secara keseluruhan, prospek industri game sangat menjanjikan bagi lulusan konsentrasi game, dengan kesempatan karir yang beragam dan prospek pertumbuhan industri yang terus berkembang.
Profil Lulusan
Memiliki kemampuan menganalisis sebuah fenomena dan pendekatan yang akan digunakan dalam proses pengkaryaan; membangun perspektif, metode berpikir, dan general action theory, menciptakan (merancang) karya secara mandiri dengan membuat visualization; visual idea, visual design dalam bentuk game design, perancangan karakter, environment, dan pengenalan coding, dan penyesuaian dengan gamifikasi untuk berbagai kebutuhan yang diiringi dengan teknologi terkini seperti AR dan VR.
Matakuliah yang Diambil
Jenis MK
No
Nama Mata Kuliah
Penjelasan Mata Kuliah
Studio Multimedia
1
Studio Multimedia 3 (Multimedia Commercial)
:
mempelajari kebutuhan komersialisasi suatu karya seni di bidang ekonomi kreatif berupa media film, animasi, dan video game dengan memperhatikan pendekatan terhadap kebutuhan konsumen dari industri kreatif.
2
Studio Multimedia 4 (Multimedia Design and Production)
:
mempraktikkan proyek/karya melalui konsep perancangan IP (intellectual Properti) komersial yang inovatif, kreatif, kolaboratif dari peran kemampuan individu (di dalam kelompok) sesuai kompetensi dalam konten media animasi, game dan film.
3
Studio Multimedia 5 (Pra TA)
:
menciptakan pola baru sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi kreativitas dan menghasilkan konsep dasar untuk perancangan tugas akhir (TA) maupun Skripsi dalam media film, game, dan animasi.
Peminatan
1
Animasi Dasar
:
prinsip dasar animasi dan aplikasi dengan penekanan pada aksi dan personality dari karakter. Ditambah sejarah animasi, perkembangan industri animasi, serta tipe dan teknik animasi.
2
Media Bussines Content
:
memahami berbagai perkembangan konsep serta prinsip teori dan model bisnis sebagai dasar dalam merancang sebuah konten bisnis media sesuai konsentrasi animasi, game dan film.
3
Konsep Visual
:
mengembangkan kemampuan menerjemahkan naskah cerita ke dalam konsep dengan memberikan gambaran visualisasi karakter, background, vehicle dan creature dengan pertimbangan prinsip, elemen/unsur, proses kerja dan nilai-nilai estetika di dalamnya.
4
Fotografi Multimedia
:
berbasis Director Of Photography (DOP) dengan konsep kualitas fotografi dan pandangan sinematik sebuah film, mempelajari pencahayaan, lensa, kamera dan konsep photo, hasil akhirnya berupa karya fotografi.
5
Storytelling & Dramaturgi
:
memahami lingkup storytelling dan dramathurgi, peran naskah dalam dunia multimedia, menganalisa struktur naskah dan menulis naskah/ teks cerita kemudian menerjemahkannya ke dalam naskah media narasi visual.
6
Naskah & Storyboard
:
berpikir, menentukan sikap, memecahkan permasalahan, dan mengambil tindakan berkaitan dengan tugas seorang penulis skenario serta memberikan gambaran visual dengan menerapkan prinsip sinematografi pada skenario yang ditulisnya.
7
Antropologi Visual
:
menerapkan metode dan pendekatan antropologis dalam penggalian data dan pemahaman kebudayaan dalam konteks lokal/global; memahami insight kultural baik dari sisi audience (khalayak sasar) maupun subjek dan material kebudayaan yang mereka teliti untuk diterjemahkan dalam karya tulis maupun tugas akhir.
8
Sinematografi
:
kemampuan di bidang sinematografi dengan penguasaan dan pemahaman dalam penataan kamera; mempraktekkan teknik sinematografi dalam ranah multimedia desain komunikasi visual khususnya untuk film, animasi dan game.
9
Metodologi Penelitian Multimedia
:
melakukan penelitian dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar penelitian, cara-cara melaksanakan proses penelitian, terutama penelitian visual, melalui paradigma kualitatif maupun kuantitatif; mengembangkan keterampilan meneliti mencakup proses dan operasional penelitian, cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data serta penarikan kesimpulan.
10
Desain Audio
:
memahami penggunaan audio pada kebutuhan karya visual dan mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam desain bunyi melalui cue sheet, recording, editing, mixing, dan mastering untuk menciptakan pengalaman audio yang menarik dalam media film, animasi dan game.
11
Cultural Studies
:
memahami teori kebudayaan sebagai perspektif untuk melihat fenomena sosial dan khalayak sasar yang mereka angkat sebagai bagian dari karya dan penelitian tugas akhir.
12
Virtual Desain
:
pemahaman tentang konsep-konsep dasar dalam Augmatied Reality mengenai desain permodelan image berupa data base untuk menampilkan object virtual ke dalam object nyata.
13
Pasca Produksi
:
mengaplikasikan teknik manipulasi visual dalam software visual effect untuk kebutuhan visual di multimedia seperti color grading, light wrap, camera tracking, dan set extension dalam compositing.
14
Manajemen Produksi Media
:
melakukan analisis dan sintesis manajemen produksi media berdasarkan prinsip manajemen produksi, struktur, peran pekerjaan serta produksi media animasi, game, dan film.
Pilihan
1
Desain Gim
:
fokus pada gameplay, mechanic dan rules ditambah dengan pengetahuan mengenai game art, sejarah dan perkembangan industri game, dan proses produksi game dari mulai pra produksi, produksi sampai dengan paska produksi dengan tujuan membuat rancangan game.
2
Pemrograman Gim
:
mengimplementasikan pemrograman game secara sederhana menggunakan perangkat lunak pemrograman untuk mengetahui introduksi mengenai pemrograman game, wawasan umum, algoritma dasar dan pembuatan prototype game berbasis 2D.
3
Interface Design
:
memberikan gambaran visual, dan mendesain antarmuka dengan memperhatikan; umpan balik, fungsi dan kontrol, yang berhubungan dengan pertimbangan utama; fungsi, kegunaan, aksesibilitas, dan estetika dalam merancang sebuah interface dalam media video game.
Study Plan
SEMESTER 1
KODE
MATA KULIAH
SKS
Bahasa Inggris
2
Literasi Teknologi
2
Pendidikan Agama
2
HEI
1
Menggambar dasar
3
Rupa Dasar 1
3
Pengantar Studi Seni, Desain, Kriya dan Industri Kreatif
3
Menggambar Konstruktif
3
Jumlah SKS
19
SEMESTER 2
KODE
MATA KULIAH
SKS
Bahasa Indonesia
2
Literasi Data
2
Budaya Nusantara
2
Menggambar Lanjut
3
Rupa Dasar 2
3
Tipografi Dasar
3
Fotografi Dasar
3
Komunikasi dan Media Literasi
2
Jumlah SKS
20
SEMESTER 3
KODE
MATA KULIAH
SKS
Studio DKV 1 (Identity Design)
4
Komputer Grafis
3
Ilustrasi Dasar
3
Teknologi Grafika
3
Estetika & Sejarah Komunikasi Visual
3
Animasi Dasar
3
Jumlah SKS
19
SEMESTER 4
KODE
MATA KULIAH
SKS
Studio DKV 2 (Information Design)
4
Komputer Multimedia
3
Metodologi Desain & Design Thinking
3
Fotografi Multimedia
3
Storytelling & Dramaturgi
2
MK. Pilihan Peminatan 1
3
Desain Gim
Animasi 2D
Teori Film
Kewirausahaan
2
Jumlah SKS
20
SEMESTER 5
KODE
MATA KULIAH
SKS
Semiotika dan Bahasa Visual
2
Studio Multimedia 3 (Multimedia Commercial)
4
Media Bussines Content
3
Naskah dan Storyboard
3
Sinematografi
3
MK. Pilihan Peminatan 2
3
Pemrograman Gim
Animasi 3D
Setting & Property
Antropologi Visual
2
Jumlah SKS
20
SEMESTER 6
KODE
MATA KULIAH
SKS
Metodologi Penelitian
2
Bahasa Inggris untuk Seni dan Desain
2
Studio Multimedia 4 (Multimedia Design and Production)