Pelatihan Tagline Digital Marketing untuk Meningkatkan Digital Awareness WBI
Pelatihan tagline digital marketing untuk yayasan Wahana Bina Insani (WBI) yang diberikan oleh tim dosen Desain Komunikasi Visual – Fakultas Industri Kreatif – Telkom University sebagai salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat diharapkan dapat membantu tim pemasaran mitra dalam merumuskan tagline yang tepat. Misalnya, tagline seperti “Membangun Masa Depan Bersama” dapat mencerminkan misi yayasan dalam […]
Rahasia di Balik Warna: Memahami Psikologi Warna dalam Branding
Ingin tahu mengapa warna tertentu membuatmu tertarik pada suatu merek? Temukan jawabannya di sini! Pelajari bagaimana psikologi warna mempengaruhi persepsi konsumen dan cara memanfaatkannya dalam branding bisnis Anda.
Pendampingan Penerapan metode Art Theraphy bagi anak Down Syndrome di SLB Negeri Cinta Asih Soreang
Kegiatan abdimas ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2024, SDLB adalah bagian dari satuan pendidikan yang diselengarakan di SLBN Cinta Asih Soreang Kabupaten Bandung. SLBN Cinta Asih merupakan sekolah luar biasa yang menyelanggarakan empat satuan pendidikan yaitu TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB dan pusat sumber pendidikan khusus (Resource Center).
Pentingnya Merancang Desain Kemasan untuk Meningkatkan Brand Awareness Ali Agrem, Jajanan Khas Jelekong Bandung
Ali Agrem, jajanan khas dari desa Jelekong, Kabupaten Bandung, merupakan salah satu kuliner tradisional yang perlu dilestarikan. Dengan tekstur kenyal dan rasa manis khas gula aren, Ali Agrem memiliki potensi besar untuk menarik perhatian pasar yang lebih luas, baik di tingkat lokal maupun nasional. Namun, agar produk ini dapat bersaing di era modern, strategi branding […]
Penerapan Seni Tepat Guna Dalam Pengolahan Informasi Visual Untuk Lihai Islamic Preschool Bandung pada kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Telkom University
Pendidikan prasekolah di Indonesia sangat penting dalam meletakkan dasar bagi perkembangan anak secara keseluruhan. Hal tersebut seiring dengan upaya melestarikan warisan budaya dan agama yang beragam. Mengintegrasikan pendidikan agama Islam ke dalam lingkungan pembelajaran anak usia dini menjadi hal yang sangat ditekankan.
PERANCANGAN ILUSTRASI ANAK DENGAN PENDEKATAN UX UNTUK KEMASAN MAKANAN DAPUR MORA BANDUNG
Perancangan ilustrasi untuk kemasan makanan anak dengan pendekatan pengalaman pengguna (user experience/UX) bertujuan untuk menciptakan desain kemasan yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif bagi anak-anak serta orang tua. perancangan ini mengadopsi pendekatan UX untuk memahami interaksi anak-anak dengan kemasan makanan dan bagaimana ilustrasi dapat meningkatkan pemahaman mereka […]
Pendampingan Pelatihan Angklung Sebagai Bekal Motorik untuk Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Negeri Cinta Asih Kabupatern Bandung
Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan pendampingan dalam pelatihan angklung sebagai media terapi motorik bagi anak-anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri Cinta Asih, Kabupaten Bandung. Angklung sebagai alat musik tradisional yang memerlukan koordinasi tangan dan ketepatan waktu, dipilih karena kemampuannya untuk merangsang keterampilan motorik halus dan kasar. Pelatihan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan individual peserta, dengan […]
Hibah Kemasan Produk Keripik Cireng dalam Upaya Meningkatkan Brand Awareness
Gorciuk merupakan pelaku UMKM yang memproduksi Keripik Cireng dengan bahan baku berupa tapioka. Salah satu bahan lokal yang bebas gluten dan bumbu racikan tanpa MSG. Produk ini pada awalnya hanya di peruntukkan dan disajikan untuk anak-anak disabilitas yang harus mengurangi Gluten dan tanpa MSG yang merupakan salah satu bahan adiktif dan tidak disarankan untuk sering […]
Hibah Desain Kemasan Keripik Hanania di Kabupaten Bandung
Hanania menawarkan keripik pare homemade yang unik dan belum banyak ditawarkan oleh kompetitor lain. Hanania dibuat langsung dengan produk homemade, higienis serta bahan baku berkualitas. Kemasan berawal hanya ditempel stiker biasa pada kemasan yang berupa plastik pouch. Produk yang ditawarkan adalah keripik pare yang rasanya sudah tidak pahit. Sejarah singkat berawal dari masalah makan pada […]
DKV Telkom University dan Lotus Bacastry: Inovasi Desain Kemasan untuk UMKM Lokal
Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Telkom University kembali menunjukkan kontribusinya kepada masyarakat melalui program Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas). Kali ini, program ini berfokus pada pemberdayaan UMKM Lotus Bacastry, sebuah usaha rumahan yang memproduksi kue pia berbentuk bunga teratai khas Bojongsoang. Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 6 Januari 2025, pukul 13.00 WIB di Griya Bandung Asri […]
PELATIHAN FOTOGRAFI DAN CONTENT WRITING KEPADA MITRA UMKM YANG TERGABUNG DI WAHANA BINA INSANI [WBI] PUSDAI BANDUNG 16 NOVEMBER 2024
Pada hari Kamis 16 November 2024, Tim Abdimas dari Fakultas Industri Kreatif, Telkom University telah melaksanankan kegiatan abdimas di Wahana Bina Insani, Pusdai Bandung, Kegiatan Pelatihan yang berjudul Pelatihan Fotografi dan Content Writing,ini merupakan bentuk kegiatan sebagai solusi dalam menjawab kemajuan yang terjadi dalam era digital ini.
PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PEMPEK DEULIS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN
Pawon Deulis, sebuah UMKM berbasis di Baleendah yang dikelola oleh Vini Setiyawati sejak tahun 2019. Dalam upayanya untuk bertahan di masa sulit, Vini menghadirkan produk andalannya, yaitu Pempek Deulis. Pempek ini memiliki keunikan karena berbahan dasar ikan kakap merah segar dan ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibanding produk sejenis di pasaran.
PENGABDIAN MASYARAKAT KEPADA UMKM KAMYA FOOD
Dalam rangka mendukung pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), tim pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) Program Studi S1 Desain Komunikasi Visual telah melaksanakan program inovatif berupa pembuatan desain kemasan baru untuk Kamya Food, sebuah UMKM yang bergerak di bidang produksi makanan ringan berbasis lokal. Kegiatan ini berlangsung selama beberapa bulan terakhir dan telah diserahkan langsung […]
Perancangan Ulang Identitas Visual Limasan’s Finest untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pelestarian Budaya
Limasan’s Finest, sebuah restoran dengan nuansa etnik dan tradisional di Sumedang, mengambil langkah besar untuk meningkatkan daya saingnya melalui program perancangan ulang identitas visual. Restoran yang dikenal akan keunikannya dalam menghadirkan budaya lokal ini memiliki potensi besar untuk menarik perhatian lebih luas dengan identitas visual yang lebih sesuai dengan filosofi dan karakter budaya yang diusungnya.
PERANCANGAN KONTEN PAMERAN ARSIP KARYA SETIAWAN SABANA
Penyusunan konten penting dalam pameran seni berbasis arsip karena membantu menyampaikan narasi yang kohesif, memudahkan pengunjung memahami perjalanan kreatif seniman, dan memberikan konteks historis. Struktur yang terorganisir memastikan arsip diinterpretasikan dengan tepat, memperkuat pengalaman emosional, serta menjaga relevansi karya seniman dengan audiens
PERANCANGAN SISTEM GRAFIS PAMERAN ARSIP KARYA SETIAWAN SABANA
Sebuah sistem grafis sangat penting dalam pembuatan pameran arsip karya seorang seniman. Berkaitan dengan pendokumentasian karya seni, sistem grafis, terutama dalam konteks pameran desain dan seni, memiliki peran penting karena tidak hanya mendukung estetika pameran tetapi juga memainkan peran strategis dalam menyampaikan narasi, meningkatkan interaksi, dan memperkaya keseluruhan pengalaman pameran.