MOTION GRAPHIC KIRIHUCI SEBAGAI PROMOSI DI SOSIAL MEDIA
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Desain Komunikasi Visual Universitas Telkom yang terdiri dari ketua pelaksana Sri Soedewi, beranggotakan Arry Mustikawan dan Siti Deshinta serta beberapa mahasiswa telah melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat pada tanggal 12 Desember 2022. Program pengabdian masyarakat ini ditekankan pada perancangan motion graphic Kirihuci sebagai media promosi di media sosial. Masyarakat sasar merupakan pelaku UKM binaan dinas tersebut yang bergerak di bidang industri makanan.
Media sosial merupakan elemen dari strategi penjualan, pelayanan, komunikasi, dan pemasaran yang lebih lengkap serta merefleksikan menyesuaikan diri. Informasi di media sosial tidak hanya disajikan dalam bentuk teks atau gambar tetapi juga dapat disajikan dalam bentuk motion graphic atau gambar yang bergerak, sekaligus disertai musik dan suara. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian masyarakat kali ini lebih difokuskan pada perancangan motion graphic Kirihuci sebagai media promosi di media sosial. Diharapkan dengan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh PPM Universitas Telkom dapat menambah nilai jual produk UMKM dan turut serta membantu pembinaan dan pengembangan program pemerintah khususnya Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung.
Pelaksanaan kegiatan program pengabdian masyarakat terdiri dari beberapa tahapan, yaitu diawali dengan wawancara dan survey ke mitra UMKM Kirihuci untuk mengetahui kebutuhan dari promosi, termasuk mengenal produk-produk yang dimiliki dan masalah atau kendala yang dihadapi terutama dalam keunggulan produk untuk menyusun konsep perancangan motion graphic agar strategi pemasaran melalui media sosial menjadi lebih efektif. Selanjutnya client dan creative brief disusun dan dijabaran apa saja yang harus disiapkan untuk asset visual, serta apa yang diinginkan klien dalam menyampaikan informasi di media sosial. Kemudian menyiapkan assets dan membuat perancangan motion graphic agar dapat digunakan sebagai media promosi produk di media sosial. Kegiatan terakhir yaitu melaksanakan penyerahan hibah perancangan motion graphic yang dilakukan dengan menyerahkan langsung pada pemilik UMKM Kirihuci agar dapat digunakan untuk promosi produk di sosial media.