Pendampingan Penerapan metode Art Theraphy bagi anak Down Syndrome di SLB Negeri Cinta Asih Soreang
Kegiatan abdimas ini dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2024, SDLB adalah bagian dari satuan pendidikan yang diselengarakan di SLBN Cinta Asih Soreang Kabupaten Bandung. SLBN Cinta Asih merupakan sekolah luar biasa yang menyelanggarakan empat satuan pendidikan yaitu TKLB, SDLB, SMPLB, SMALB dan pusat sumber pendidikan khusus (Resource Center).
Adapun potensi dari SLB Negeri Cinta Asih Sorean yaitu dapat mengembangkan kreatifitas anak berkebutuhan khusus di lingkungan sekolah tersebut, disandingkan dengan kegiatan yang menyenangkan tentu membuat anak berkebutuhan khusus semakin terampil dalam menyerap pembelajaran dan mengasah ide kreatif mereka, anak berkebutuhan khusus di lingkungan SLB Negeri Cinta Asih sorean sendiri mereka telah mencapai prestasi yang di banggakan oleh orang tua dan gurunya di sekolah dengan mengikuti beberapa perlombaan yang di adakan di sekolah hingga tingat nasional, begitu juga dengan SLB Negeri Cinta Asih Soreang sendiri sudah menjadi salah satu sekolah berkebutuhan khusus negeri terbaik yang ada di kota dan kabupaten Bandung.
Hasil kegiatan abdimas ini adalah Kegiatan Penerapan Art Therapy Menggambar bagi Anak Down Syndrome di SLBN Cinta Asih, Soreang memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peserta, pendamping, dan lingkungan sekolah. Berikut adalah hasil utama:
- Peningkatan Kemampuan Motorik dan Ekspresi Diri Anak:
Anak-anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan motorik halus, koordinasi tangan-mata, dan ekspresi diri melalui gambar-gambar yang mereka hasilkan. Tema menggambar sederhana membantu anak memahami konsep visual dan mengkomunikasikan emosi mereka. - Peningkatan Rasa Percaya Diri dan Kemandirian:
Anak-anak merasa bangga dengan karya yang mereka hasilkan, terutama setelah diapresiasi dalam sesi pameran karya. Beberapa anak yang awalnya membutuhkan bantuan signifikan akhirnya mampu menggambar dengan lebih mandiri. - Kesadaran Guru dan Orang Tua:
Guru dan orang tua yang terlibat memperoleh wawasan tentang manfaat art therapy dalam mendukung perkembangan anak berkebutuhan khusus. Mereka menunjukkan minat untuk melanjutkan kegiatan ini sebagai bagian dari pembelajaran di sekolah maupun di rumah.