Elemen Visual dalam Fotografi sebagai salah satu media pembelajaran bagi guru TK Al Mumin Assidiqiyah
Media pembelajaran bagi anak-anak usia dini memiliki berbagai macam jenis dan fungsi. Pada usia tersebut merupakan masa dimana anak memiliki daya tangkap yang sangat baik. Selama ini media pembelajaran untuk pengenalan bentuk dasar yang diterapkan oleh TK Al Mumin Assidiqiyah belum mengadaptasi fotografi. Mereka masih menggunakan media illustrasi untuk menggenalkan bentuk dasar kepada anak didiknya. Menurut Edgar Dale, gambar fotografi dapat mengubah tahap-tahap pembelajaran, dari lambang kata (verbal symbol) beralih kepada tahapan yang lebih kongkret yaitu lambang visual (visual symbols). Sehingga siswa dapat melihat visual lain yang realistis dan memberikan alternatif media pembelajaran lain . Selain itu apabila hendak menggunakan media fotografi maka gambar yang dihasilkan harus memenuhi unsur bentuk dan artistiknya.
Berdasarkan hal tersebut tim PKM yang terdiri dari Siti Desintha,Dimas Krisna Aditya dan Fetty Fitriani Fitria Sukmana selaku mahasiswa bersama dengan pihak TK Al Mumin Assidiqiyah yang dipimpin oleh Ibu Ayu Hajari Bazaini,SE. berlokasi didaerah Rancaekek Kabupaten Bandung selaku masyarakat sasar dan mitra merumuskan ide untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru tentang bagaimana menggenalkan bentuk dasar visual melalui teknik fotografi dalam membantu kegiatan belajar mengajar. Kegiatan pelatihan ini dapat mengembangkan kompetensi dan profesionalisme para guru dalam mengembangan media pembelajaran agar lebih menarik bagi siswa. Sehingga siswa dapat lebih peka dan kreatif dalam melihat berbagai bentuk visual yang ada dilingkungan sekitar. Karena dengan perkembangan teknologi yang semakin massif maka para pengajar pun dituntut untuk mampu menggarahkan siswa didiknya dalam menggunakan gadget secara bijak. Menghasilkan kreatifitas dengan objek-objek sederhana berupa elemen visual melalui fotografi.