Jenis MK | No | Nama Mata Kuliah | | Penjelasan Mata Kuliah |
Studio Multimedia | 1 | Studio Multimedia 3 (Multimedia Commercial) | : | mempelajari kebutuhan komersialisasi suatu karya seni di bidang ekonomi kreatif berupa media film, animasi, dan video game dengan memperhatikan pendekatan terhadap kebutuhan konsumen dari industri kreatif. |
2 | Studio Multimedia 4 (Multimedia Design and Production) | : | mempraktikkan proyek/karya melalui konsep perancangan IP (intellectual Properti) komersial yang inovatif, kreatif, kolaboratif dari peran kemampuan individu (di dalam kelompok) sesuai kompetensi dalam konten media animasi, game dan film. |
3 | Studio Multimedia 5 (Pra TA) | : | menciptakan pola baru sesuai dengan kondisi/situasi tertentu dan mengatasi masalah dengan mengeksplorasi kreativitas dan menghasilkan konsep dasar untuk perancangan tugas akhir (TA) maupun Skripsi dalam media film, game, dan animasi. |
| | | | |
Peminatan | 1 | Animasi Dasar | : | prinsip dasar animasi dan aplikasi dengan penekanan pada aksi dan personality dari karakter. Ditambah sejarah animasi, perkembangan industri animasi, serta tipe dan teknik animasi. |
2 | Media Bussines Content | : | memahami berbagai perkembangan konsep serta prinsip teori dan model bisnis sebagai dasar dalam merancang sebuah konten bisnis media sesuai konsentrasi animasi, game dan film. |
3 | Konsep Visual | : | mengembangkan kemampuan menerjemahkan naskah cerita ke dalam konsep dengan memberikan gambaran visualisasi karakter, background, vehicle dan creature dengan pertimbangan prinsip, elemen/unsur, proses kerja dan nilai-nilai estetika di dalamnya. |
4 | Fotografi Multimedia | : | berbasis Director Of Photography (DOP) dengan konsep kualitas fotografi dan pandangan sinematik sebuah film, mempelajari pencahayaan, lensa, kamera dan konsep photo, hasil akhirnya berupa karya fotografi. |
5 | Storytelling & Dramaturgi | : | memahami lingkup storytelling dan dramathurgi, peran naskah dalam dunia multimedia, menganalisa struktur naskah dan menulis naskah/ teks cerita kemudian menerjemahkannya ke dalam naskah media narasi visual. |
6 | Naskah & Storyboard | : | berpikir, menentukan sikap, memecahkan permasalahan, dan mengambil tindakan berkaitan dengan tugas seorang penulis skenario serta memberikan gambaran visual dengan menerapkan prinsip sinematografi pada skenario yang ditulisnya. |
7 | Antropologi Visual | : | menerapkan metode dan pendekatan antropologis dalam penggalian data dan pemahaman kebudayaan dalam konteks lokal/global; memahami insight kultural baik dari sisi audience (khalayak sasar) maupun subjek dan material kebudayaan yang mereka teliti untuk diterjemahkan dalam karya tulis maupun tugas akhir. |
8 | Sinematografi | : | kemampuan di bidang sinematografi dengan penguasaan dan pemahaman dalam penataan kamera; mempraktekkan teknik sinematografi dalam ranah multimedia desain komunikasi visual khususnya untuk film, animasi dan game. |
9 | Metodologi Penelitian Multimedia | : | melakukan penelitian dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar penelitian, cara-cara melaksanakan proses penelitian, terutama penelitian visual, melalui paradigma kualitatif maupun kuantitatif; mengembangkan keterampilan meneliti mencakup proses dan operasional penelitian, cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data serta penarikan kesimpulan. |
10 | Desain Audio | : | memahami penggunaan audio pada kebutuhan karya visual dan mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam desain bunyi melalui cue sheet, recording, editing, mixing, dan mastering untuk menciptakan pengalaman audio yang menarik dalam media film, animasi dan game. |
11 | Cultural Studies | : | memahami teori kebudayaan sebagai perspektif untuk melihat fenomena sosial dan khalayak sasar yang mereka angkat sebagai bagian dari karya dan penelitian tugas akhir. |
12 | Virtual Desain | : | pemahaman tentang konsep-konsep dasar dalam Augmatied Reality mengenai desain permodelan image berupa data base untuk menampilkan object virtual ke dalam object nyata. |
13 | Pasca Produksi | : | mengaplikasikan teknik manipulasi visual dalam software visual effect untuk kebutuhan visual di multimedia seperti color grading, light wrap, camera tracking, dan set extension dalam compositing. |
14 | Manajemen Produksi Media | : | melakukan analisis dan sintesis manajemen produksi media berdasarkan prinsip manajemen produksi, struktur, peran pekerjaan serta produksi media animasi, game, dan film. |
| | | | |
Pilihan | 1 | Animasi 2D | : | tahapan yang terdiri dari pencarian ide, riset, pembuatan script, storyboard, desain karakter, background, proses animasi, dan compositing sampai dengan tahap editing serta pemahaman jobdesk yang terlibat dalam pembuatan film animasi pendek. |
2 | Animasi 3D | : | mengimplementasikan proses pembuatan animasi 3D dimulai dari introduksi, pengenalan perangkat lunak terkait, pembuatan model 3D, penerapan texturing, pencahayaan, rendering, hingga rigging, composition, editing pembuatan animasi 3D. |
3 | Animasi 3D 2 (Stop Motion) | : | implementasi proses pembuatan introduksi, wawasan, sampai pembuatan animasi stop motion dengan teknik cut-out, clay, puppet, pixilation, graphic, object, dan silhouette. |