Strategi Kreatif Pembuatan Podcast di KOMUJI Bandung
Strategi Kreatif Pembuatan Podcast di Komunitas Musisi Mengaji (KOMUJI) Bandung
Ketua Tim : Iman Sumargono, S.Sn., M.Sn (Dosen DKV-FIK)
Anggota 1 : Jiwa Utama, S.Ds., M.Ds (Dosen DKV-FIK)
Anggota 2 : Ramdhan Aji Wibawa (Mahasiswa DKV-FIK)
Dalam Undang-Undang pendidikan tinggi, disebutkan bahwa pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa, yang dilakukan mengacu kepada kegiatan Tri Dharma point ke tiga. Kegiatan Pengabdian masyarakat yang dilakukan melibatkan peran serta dosen dan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual – Fakutas Industri Kreatif Universitas Telkom dengan judul “Strategi Kreatif Pembuatan Podcast di Komunitas Musisi Mengaji (KOMUJI) Bandung”.
Metode yang dilaksanakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah dengan mengumpulkan literatur yang relevan dengan objek penelitian terutama yang berkaitan dengan fenomena yang sedang terjadi saat ini, observasi langsung dan wawancara ke Komunitas Musisi Mengaji (KOMUJI). Tujuan yang ingin dicapai dalam Pengabdian Masyarakat secara umum adalah untuk membuat program podcat yang menarik khususnya yang melibatkan KOMUJI dalam upaya menyebarkan informasi-informasi yang menarik setelah Youtube. Mempersiapkan strategi kreatif agar podcat tampil jadi lebih menarik dan lebih unik.
Manfaat dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah merencanakan strategi yang kreatif, agar podcat banyak dikunjungi, dilihat dan didengarkan, sehingga informasi yang diberikan KOMUJI bisa secara massif dinikmati dan bisa berkontribusi dalam memberikan manfaat lebih besar.
Kata kunci : Podcast, strategi kreatif , Komunitas Musisi Mengaji (KOMUJI).
Gambar 3 : Proses Produksi