Perancangan Ulang Logo dan Implementasinya pada Kemasan untuk UKM Kopi di Kabupaten Bandung

Program pengabdian kepada masyarakat periode II tahun 2019/2020 ini ditekankan pada perancangan ulang logo dan implementasinya pada kemasan produk salah satu Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kabupaten Bandung. Pada program kali ini, mitra sekaligus masyarakat sasar yaitu Widjie Coffee. Widjie diambil dari bahasa Jawa yaitu wiji yang artinya benih atau biji, berarti juga dalam bahasa unisex yaitu Abadi atau Penyelamat, sesuai dengan mimpi dari Wijdie Coffee yaitu menjadi penyelamat lingkungan dan berharap abadi sampai akhir dari dunia ini. Misi dari Widjie Coffee yaitu membangun kesadaran masyarakat yang pedulikan pentingnya kelestarian lingkungan hidup, meningkatkan kesejahteraan dan solidaritas sosial masyarakat, selain itu sebagai sarana untuk berpartisipasi dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan meningkatkan pengetahuan serta kecerdasan masyarakat melalui usaha-usaha yang teratur, terencana dan berkesinambungan. Permasalahan yang dihadapi mitra/ masyarakat sasar berfokus pada kurangnya nilai jual produk dikarenakan identitas visual yang belum berdaya saing di pasaran.

Lingkungan Konservatif Widjie Coffee

Desain logo & kemasan terdahulu

Program pengabdian masyarakat ini diketuai Dosen Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Telkom University, Arry Mustikawan, SE., M.Ds, dan beranggotakan dua rekan dosen lainnya yaitu Wirania Swasty, S.Ds., M.AB.dan Fariha Eridani Naufalina, S.Ds., M.Ds. Program ini turut melibatkan tiga mahasiswa Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif yaitu Ratih Kurniati, Fadhilla Muhammad, dan Herdi Ramadhan. Pelaksanaan kegiatan perancangan ini dimulai pada bulan Maret hingga Mei 2020.

 

Solusi yang ingin dicapai melalui program pengabdian masyarakat ini antara lain mengatasi permasalahan yang dialami oleh pelaku UKM produk kopi yaitu penerapan identitas visual yang belum sesuai, serta meningkatkan upaya pemasaran produk UKM dengan merancang logo dan implementasinya pada kemasan yang memiliki daya saing di pasaran.

 

Berikut adalah hasil perancangan dari program pengabdian masyarakat ini:

Video dokumentasi dapat dilihat di bawah ini:

https://youtu.be/rD8I9hjfHeg

Program pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat untuk  membantu ukm – ukm yang mana produknya cukup baik secara kualitas bahan dan produksi namun dirasa masih kurang di sisi kemasan dan desain. Melalui re-design logo dan kemasan menjadi hal penting dalam menarik minat beli konsumen. tidak hanya kualitas produknya saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *