MEMBANGUN IDENTITAS PRODUK: PELATIHAN DESAIN LABEL KEMASAN MENGGUNAKAN CANVA DAN PACDORA BAGI PENYULUH PERTANIAN

MEMBANGUN IDENTITAS PRODUK: PELATIHAN DESAIN LABEL KEMASAN MENGGUNAKAN CANVA DAN PACDORA BAGI PENYULUH PERTANIAN

Desain kemasan merupakan aspek penting dalam strategi pemasaran produk, terutama dalam meningkatkan nilai jual produk yang dipasarkan (Apriyanti, 2018). Kemasan tidak hanya berperan sebagai wadah untuk melindungi produk dari kerusakan dan menciptakan kenyamanan bagi konsumen, tetapi juga berfungsi sebagai sarana komunikasi visual yang efektif untuk menarik perhatian konsumen dan mempengaruhi keputusan pembelian. Kemasan dapat mencegah kerusakan kualitas makanan dan minuman yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan (Santoso, Yuwono, & Tanudjaja, 2021). 

Untuk itu diperlukan desain kemasan dan label kemasan yang dapat menjadi identitas produk suatu usaha. Dalam praktiknya, banyak pelaku UMKM, termasuk pelaku usaha pertanian dan masyarakat tani, cenderung merancang desain kemasan menggunakan aplikasi berbasis web seperti Canva. Penggunaan Canva menjadi populer karena kemudahan penggunaannya dan biaya yang relatif rendah (Firdaus, 2023). Namun, meskipun penyuluh pertanian tertarik untuk mengembangkan program pelatihan dalam bidang desain kemasan untuk masyarakat tani, tantangan muncul karena mayoritas penyuluh pertanian memiliki latar belakang pendidikan sebagai lulusan sarjana pertanian. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan pelatihan yang tepat dan disesuaikan dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan yang dimiliki oleh penyuluh pertanian dalam mengembangkan kemampuan desain kemasan bagi masyarakat tani. Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang melalui para penyuluh pertanian merasa perlu untuk menguasai materi mengenai desain kemasan dan dapat membuat label kemasan untuk dapat disampaikan pada program-program penyuluhan.  

Program Pengabdian kepada Masyarakat periode 1 tahun 2024 yang berjudul Membangun Identitas Produk: Pelatihan Desain Label Kemasan Menggunakan Canva Dan Pacdora Bagi Penyuluh Pertanian diketuai oleh Wirania Swasty dari S2 Magister Desain, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Bandung. Adapun tim dosen terdiri dari Siti Hajar Komariah dan Ananda Risya Triani dari S1 Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Bandung. Kegiatan PkM ini dibantu juga oleh beberapa mahasiswa dari S1 Desain Komunikasi Visual, Fakultas Industri Kreatif, Universitas Telkom Bandung.Pelatihan dilakukan pada hari Rabu, 26 Juni 2024 melalui platform zoom. Pada pelatihan sesi pertama ini diisi dengan materi mengenai pengenalan aplikasi Canva & Pacdora untuk pembuatan label kemasan. Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi. Berikut foto-foto kegiatan pelatihan yang dimaksud:

Gambar 1. Pelatihan Pembuatan Kemasan

Peserta pelatihan dapat memilih dan menyesuaikan mockup kemasan pada aplikasi Pacdora sesuai dengan kebutuhan produknya, misalnya kemasan makanan dan minuman seperti kue, coklat, kopi, teh, dan lain-lain.

Gambar 2. Pelatihan Pembuatan Kemasan

Selain itu, pada aplikasi ini peserta dimudahkan dalam hal praktik implementasi desain label produk yang telah dibuat pada mockup kemasan dengan cara unggah gambar (desain) seperti gambar di atas. 

Gambar 3. Pelatihan Pembuatan Kemasan

Selanjutnya, peserta menyesuaikan ukuran desain label dengan mockup kemasan, serta dilakukan penambahan warna pada mockup kemasan yang berdasarkan konsep visualnya.

Gambar 4. Pelatihan Pembuatan Kemasan

Setelah dilakukan penyesuaian desain label pada mockup kemasan, peserta di antaranya dapat melakukan simulasi membuka, menutup, dan memutar mockup kemasan secara tampilan 3D.

Pelatihan (workshop) mengenai pembuatan label kemasan menggunakan aplikasi Canva dan Pacdora mendapatkan respon yang sangat baik dari pihak mitra. Kegiatan ini dinilai menambah softskill di bidang desain grafis bagi para penyuluh pertanian, dimulai dari pembuatan konsep visual, perancangan, hingga implementasi desain label pada mockup kemasan, dengan menggunakan media bantu berupa aplikasi Canva dan Pacdora. 

Berdasarkan hasil diskusi dengan pihak mitra, dibutuhkan pelatihan dengan topik yang berbeda, yaitu mengenai perancangan desain profil untuk kegiatan pelatihan/seminar di BBPP Lembang, seperti cover laporan, nametag, dan lain-lain. Peserta pelatihan tersebut adalah para pegawai BBPP Lembang. Sehingga, kebutuhan tersebut berpotensi untuk dijadikan rencana kegiatan Abdimas selanjutnya bagi dosen dan mahasiswa DKV FIK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *