Pelatihan Pendampingan Pembuatan Banner Penerimaan sekolah melalui aplikasi Canva di Playgroup An-Nur Kota Bandung
Adapun potensi dari Yayasan An-Nur tersebut dapat mengembangkan kreatifitas anak usia dini di lingkungan sekolah tersebut, disandingkan dengan kegiatan yang menyenangkan tentu membuat anak anak usia dini semakin terampil dalam menyerap pembelajaran dan mengasah ide kreatif mereka, anak usia dini di lingkungan Yayasan An-Nur maleber sendiri mereka telah mencapai prestasi yang di banggakan oleh orang tua dan gurunya di sekolah dengan mengikuti perlombaan meggambar dan tari antar daerah hingga nasional, begitu juga dengan Yaysan An-Nur sendiri sudah menjadi salah satu kelurahan peringkat 1 di Kecamatan Andir sebagai Kelompok Bermain (KOBER) berdedikasi dalam pembelajaran, peminat yang selalu stabil dan konsisten hingga tidak mengalami penurunan jumlah siswa setiap tahunnya, memiliki potensi lulusan yang bertanggung jawab dalam menghadapi tugas dan perintah di jenjang Pendidikan yang lebih tinggi. Walaupun banyak sekolah anak usia dini yang serupa berada di Kecamatan Andir, namun belum ada sekolah Pendidikan anak usia dini yang menghasilkan lulusan dengan prestasi terbaik dan terbanya di keamatan maleber.
Penulis telah melakukan survey lapangan ke Yayasan An-Nur Bandung pada tanggal 12 Agustus 2023 untuk melihat peluang yang dapat digarap pada kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen dari Universitas Telkom kali ini. Berdasarkan wawancara dengan kepala sekolah Yayasan an-nur bandung didapatkan permasalahan dbidang pendidikan bahwa kurangnya sarana dan prasarana menyangkut kegiatan kreatifitas bagi anak usia dini. Sedangkan antusiasme pada kegiatan yang mengasah kreatifitas siswanya sangat besar karena terdapat sekitar 100 siswa pada saata perpisahan atau pelepasan sekolah. Keterbatasan mengenai kemampuan dari staf Kelurahan Maleber untuk merancang sebuah kegiatan kemampuan menggambar dan pengetahuan seni yang kurang mengakibatkan kegiatan kreatifitas tersebut belum bisa dijalankan sendiri oleh Yayasan An-Nur Bandung. Menimbang permasalahan tersebut, dirasa urgent bagi penulis untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Yayasan An- Nur kota Bandung dengan kegiatan yang dapat mengasah kreatifitas anak- anak usia dini.
Aktivitas belajar mengajar tidak sepatutnya terkendala dimanapun, karena hal tersebut merupakan hak seluruh Warga Negara Indonesia dalam salah satu upaya membangun generasi muda menjadi generasi yang unggul, walaupun pada keadaan pandemi seperti sekarang. Namun tidak bisa dipungkiri karena keadaan pandemi saat ini, proses belajar mengajar dengan cara konvensional / tatap muka tidak dapat dilakukan, namun memanfaatkan era digital saat ini proses belajar mengajar dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja dengan lebih kondusif melalui pembelajaran disekolah
Menimbang pemaparan tersebut, pelatihan belajar mengajar online / daring sangat urgent untuk dilakukan terhadap staf dan guru AN- NUR. Program Pegabdian Masyarakat ini berupa transfer ilmu dari keilmuan yang dikembangkan tim dosen Program Studi DKV yang difasilitasi Bagian Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Telkom. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk workshop yang terdiri dari ceramah dan diskusi dan mengenai berbagai pengetahuan dan permasalahan seputar pelatihan belajar mengajar
Pelatihan pendampingan pembuatan banner penerimaan sekolah melalui aplikasi Canva di Playgroup An-Nur Kota Bandung dilaksanakan melalui beberapa tahapan yang terstruktur. Metode pelaksanaan ini dirancang untuk memastikan bahwa peserta, yaitu guru dan staf Playgroup An-Nur, mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang cara menggunakan Canva dan mampu menghasilkan desain banner yang menarik dan informatif.
1. Pelatihan Penggunaan Canva
a. Pengenalan Dasar Canva Pelatihan dimulai dengan sesi pengenalan dasar aplikasi Canva. Pada tahap ini, peserta diajak untuk memahami antarmuka Canva dan fungsi-fungsi dasar yang tersedia. Pengenalan ini meliputi:
- Membuat Akun Canva: Peserta diajarkan cara membuat akun di Canva, baik versi gratis maupun berbayar, dan cara mengakses fitur-fitur yang ada.
- Navigasi Antarmuka: Peserta diperkenalkan dengan antarmuka pengguna Canva, termasuk menu, toolbar, dan area kerja.
- Memilih Template: Peserta belajar cara memilih template yang sesuai dengan kebutuhan desain banner penerimaan siswa baru.
b. Tutorial Fitur-fitur Canva Setelah pengenalan dasar, peserta mengikuti tutorial tentang berbagai fitur Canva yang dapat digunakan dalam pembuatan banner, seperti:
- Menambahkan dan Mengedit Teks: Cara menambahkan teks, mengubah font, ukuran, warna, dan penempatan teks.
- Menggunakan Elemen Grafis: Cara menambahkan elemen grafis seperti ikon, bentuk, garis, dan stiker untuk memperindah desain.
- Memasukkan Gambar: Cara mengunggah dan menambahkan gambar ke dalam desain, serta mengatur tata letak dan ukuran gambar.
- Mengatur Warna dan Tema: Pemilihan skema warna yang sesuai dengan tema acara dan identitas Playgroup An-Nur.
c. Praktik Langsung Setelah tutorial, peserta diberikan waktu untuk mempraktikkan apa yang telah dipelajari dengan membuat desain banner sederhana. Selama sesi praktik, instruktur memberikan panduan dan menjawab pertanyaan peserta secara langsung. Hal ini bertujuan untuk memastikan setiap peserta memahami cara menggunakan Canva dengan baik.
2. Pendampingan Desain Banner
a. Pemilihan Template dan Layout Pada tahap ini, peserta dibimbing dalam memilih template dan layout yang paling sesuai untuk banner penerimaan siswa baru. Instruksi diberikan mengenai:
- Pemilihan Template: Memilih template yang sesuai dengan tema penerimaan siswa baru, mempertimbangkan aspek visual dan informatif.
- Penyesuaian Layout: Mengatur layout agar informasi penting seperti tanggal pendaftaran, syarat-syarat, dan kontak ditampilkan dengan jelas dan menarik.
b. Penambahan Elemen Desain Peserta diajak untuk menambahkan elemen-elemen desain seperti logo Playgroup An-Nur, gambar-gambar anak-anak, dan elemen visual lainnya yang relevan. Bimbingan diberikan mengenai:
- Menambahkan Logo: Cara menambahkan dan mengatur posisi logo pada banner.
- Menggunakan Gambar: Memilih gambar yang representatif dan berkualitas tinggi untuk ditambahkan pada desain.
- Mengatur Elemen Visual: Penempatan elemen visual agar desain terlihat seimbang dan menarik.
c. Penyuntingan dan Penyempurnaan Setelah elemen-elemen dasar ditambahkan, peserta diajak untuk menyunting dan menyempurnakan desain mereka. Pendampingan meliputi:
- Penyuntingan Teks: Memastikan teks mudah dibaca dan informatif, termasuk mengecek ejaan dan tata bahasa.
- Pengaturan Warna: Memastikan skema warna yang digunakan harmonis dan menarik perhatian.
- Penyempurnaan Layout: Mengatur ulang elemen-elemen desain jika diperlukan untuk memastikan keseluruhan desain terlihat rapi dan profesional.