Pelatihan Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran untuk Guru Sekolah
Di era digital ini, teknologi memainkan peran yang semakin penting dalam dunia pendidikan . Guru sekolah dasar, yang bertanggung jawab untuk membentuk fondasi pengetahuan dan keterampilan dasar siswa, dihadapkan pada tantangan untuk terus mengembangkan kompetensinya, khususnya dalam memanfaatkan alat-alat digital yang dapat memperkaya proses pembelajaran. Salah satu alat yang semakin populer digunakan dalam pendidikan adalah Canva, sebuah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna untuk membuat materi visual dengan mudah dan cepat.
Keterampilan dalam menciptakan materi visual yang menarik menjadi semakin relevan, mengingat bahwa siswa pada usia sekolah dasar cenderung lebih responsif terhadap pembelajaran yang interaktif dan visual. Penggunaan visual yang efektif dalam pengajaran dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan membantu mereka memahami serta mengingat informasi dengan lebih baik. Canva menyediakan berbagai fitur dan template yang dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membuat infografis, poster, dan presentasi yang menarik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di kelas.
Pemberdayaan masyarakat, khususnya guru sekolah dasar di SDIT Alfajar Bandung, melalui pelatihan Canva memiliki potensi besar dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Tingkat dasar. Dengan membekali guru dengan keterampilan desain grafis yang mudah dan praktis, pelatihan ini dapat membantu mereka menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik, interaktif, dan relevan bagi siswa. Selain itu, melalui pelatihan ini, guru juga dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam menyusun materi ajar yang lebih bervariasi dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa, sehingga proses belajar-mengajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan. Pemberdayaan ini tidak hanya akan meningkatkan kompetensi digital guru, tetapi juga akan mendorong mereka untuk berperan aktif sebagai agen perubahan di komunitas sekolahnya, menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan inovatif. Dengan demikian, pelatihan Canva dapat menjadi langkah strategis dalam mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pemberdayaan guru sebagai pilar utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.
Pelatihan Canva bagi guru sekolah dasar merupakan solusi efektif untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Melalui pelatihan ini, guru dapat mengembangkan keterampilan desain grafis yang memungkinkan mereka untuk menciptakan materi pembelajaran yang lebih menarik, visual, dan interaktif. Canva, sebagai alat yang user-friendly dan mudah diakses, memberikan peluang bagi guru untuk merancang poster, infografis, dan presentasi yang dapat memperkaya metode pengajaran mereka. Dengan pelatihan ini, guru tidak hanya dibekali dengan keterampilan teknis, tetapi juga didorong untuk lebih kreatif dalam menyusun materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang beragam. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, memotivasi siswa, dan mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang lebih inklusif dan efektif. Dengan demikian, pelatihan Canva menjadi solusi strategis dalam upaya peningkatan kompetensi guru sekolah dasar, sekaligus memperkuat peran mereka dalam menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dan responsif terhadap perkembangan teknologi.
Pelaksanaan kegiatan Abdimas dengan judul “Pelatihan Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran untuk Guru Sekolah” melalui tiga tahapan yaitu, Pra-kegiatan, Proses kegiatan (Pelaksanaan), dan Pasca-kegiatan yang melibatkan seluruh pelaksana Abdimas baik dosen maupun mahasiswa, serta melibatkan peserta guru yang akan mendapatkan pelatihan.
Dalam konteks kebijakan pendidikan yang semakin mendorong pengembangan kompetensi digital di kalangan guru, pelatihan Canva menjadi semakin relevan. Pelatihan berkelanjutan bagi guru adalah kunci dalam memastikan mereka tetap relevan dan mampu menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Dengan menguasai Canva, guru sekolah dasar dapat lebih siap untuk memenuhi tuntutan kurikulum modern dan membantu siswa mereka mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil di abad ke-21.
Tim Abdimas:
- Mario
- Irfan Azhari
- Rully Sumarlin