Implementasi Seni Tepat Guna Informasi Visual Sekolah Ramah Anak Di SD Islam Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung, pada kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Telkom University

Implementasi Seni Tepat Guna Informasi Visual Sekolah Ramah Anak Di SD Islam Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung, pada kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi Desain Komunikasi Visual Fakultas Industri Kreatif Telkom University

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memiliki tanggung jawab dalam hal perlindungan anak, telah mendorong pemerintah di tingkat pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman, nyaman, sehat, dan menyenangkan bagi anak-anak. Lingkungan seperti ini dikenal dengan istilah Sekolah Ramah Anak (SRA), di mana hak-hak anak selama berada di sekolah dapat terpenuhi. Konsep (SRA) merupakan pendekatan pendidikan yang berfokus pada penciptaan suasana belajar yang mendukung serta memperhatikan kebutuhan anak secara menyeluruh. Tujuan utamanya adalah memberikan pengalaman belajar yang positif dan aman, agar peserta didik dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, baik secara fisik, emosional, sosial, maupun akademik.

SD Islam Al-Amanah yang berdiri sejak tahun 1995 memiliki Visi untuk membentuk peserta didik yang religius, cerdas, dan kreatif. Sekolah ini mengemban Misi menyelenggarakan pendidikan Islami berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah, membentuk warga sekolah yang sehat secara fisik dan mental melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat, serta menumbuhkan budaya ramah dan bebas perundungan dengan membiasakan perilaku 6S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, senang). Selain itu, sekolah ini berkomitmen menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi masa depan, mengembangkan sistem manajemen yang berbasis budaya, pembelajaran berkelanjutan (learning organization), menciptakan proses belajar yang inovatif, kolaboratif, serta menyenangkan. SD Islam Al-Amanah juga berupaya menjadi sekolah hijau yang bersih dan sehat, unggul dalam prestasi akademik maupun non-akademik, serta mendukung penguatan budaya lokal dan nasional melalui pendidikan, literasi, serta numerasi.

SD Islam Al-Amanah menunjukkan dukungan nyata terhadap program Sekolah Ramah Anak (SRA) dan telah mengimplementasikannya di lingkungan sekolah. Dukungan ini selaras dengan Visi dan Misi sekolah dan diwujudkan melalui kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh para guru kepada para siswa. Kondisi Saat ini terdapat area luar ruang yang memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai media penyampaian informasi visual mengenai Sekolah Ramah Anak (SRA), namun belum dioptimalkan secara maksimal. Salah satu fasilitas yang ada adalah papan pengumuman bagi siswa, yang saat ini digunakan untuk menampilkan karya berupa gambar dan tulisan terkait (SRA). Pihak sekolah menyadari perlunya media informasi berupa visual yang lebih menarik dan efektif untuk mendukung penyebarluasan nilai-nilai Sekolah Ramah Anak (SRA) secara lebih menyeluruh dan berdampak.


Gambar 1. Suasana lokasi di SD I Al-Amanah yang berpotensi untuk pengolahan & penempatan
Informasi Visual Sekolah Ramah Anak (SRA)
Sumber: Dokumentasi Tim Abdimas, 2025

Dari permasalahan diatas, telah menggambarkan kebutuhan yang perlu dilaksanakan dalam solusi pembuatan informasi visual, sehingga dapat membantu untuk menginformasikan Sekolah Ramah Anak (SRA) melalui program pengabdian kepada masyarakat dengan skema penerapan seni tepat guna dengan mitra sasar yaitu SD Islam Al-Amanah. Abdimas berjudul Implementasi Seni Tepat Guna Informasi Visual Sekolah Ramah Anak ini akan dilaksanakan di SD Islam Al-Amanah yang beralamat di Jl. Raya Cinunuk no. 186, Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Pada program pengabdian masyarakat ini, solusi yang dapat ditawarkan mencakup aspek desain dan partisipasi lembaga. Implementasi Informasi Visual di fasilitas sekolah dalam memberikan informasi mengenai nilai (SRA) di SD Islam Al-Amanah. Penggambaran ilustrasi harus mencerminkan budaya sekolah dan merepresentasikan sarana dan prasarana yang ramah anak dan memunculkan nilai-nilai religius, semangat belajar, pembiasaan berprilaku 6 S: senyum, salam, sapa, sopan, santun, senang, anti perundungan, serta gotong royong.


Gambar 2. Rancangan Informasi Visual untuk SD Islam Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung.
Sumber: Dokumentasi Tim Abdimas, 2025.

Konsep pesan yang digunakan adalah: “Belajar dengan Bahagia, Bertumbuh dengan Aman, Bersinar Bersama di Sekolah Ramah Anak”, dengan kata kunci Bahagia, Aman, Bersinar, Ceria, Kebersamaan. Informasi Visual ini dirancang sebagai media komunikasi visual edukatif yang bertujuan untuk menyampaikan nilai-nilai Sekolah Ramah Anak (SRA) secara menarik dan mudah dipahami oleh siswa, membentuk karakter anak melalui pesan visual yang positif, dan menciptakan lingkungan sekolah yang menyenangkan, aman, serta inspiratif bagi siswa. Terget sasar adalah siswa Sekolah Dasar kelas 1–6 dengan usia 6–12 tahun. Gaya visual yang ceria dan komunikatif, menggunakan ilustrasi karakter anak-anak yang ekspresif. Warna-warna cerah dan kontras untuk menarik perhatian dan memberikan kesan positif.


Gambar 3. Penyerahan karya kepada pihak SD Islam Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung.
Sumber: Dokumentasi Tim Abdimas, 2025

SD Islam Al-Amanah Cileunyi, Kabupaten Bandung, dipilih sebagai mitra sasar dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Pemilihan sekolah tersebut didasarkan pada kesesuaian program yang dimiliki dengan tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan. Kebutuhan akan media informasi visual direalisasikan melalui perancangan solusi visual yang bertujuan untuk menyampaikan nilai-nilai Sekolah Ramah Anak (SRA), sehingga dapat mendukung terciptanya lingkungan sekolah yang inklusif, edukatif, dan menyenangkan. Dengan adanya informasi vsual yang ditempatkan di area strategis sekolah diharapkan mampu menyampaikan pesan-pesan moral dan nilai karakter secara menarik dan mudah dipahami, terutama oleh siswa usia Sekolah Dasar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *