Koordinator Peminatan
Adya Muya Prajana, S.Ds., M.Ds
Profil Singkat
Peminatan Designpreneur merupakan peminatan yang mengadapatasi keilmuan desain yang berkembang berdasarkan kebutuhan industri akan inovasi, penguatan brand, pemahaman strategi bisnis dan manajerial.
Merujuk pada istilahnya, Designpreneur merupakan peminatan yang menggabungkan dua bidang keilmuan, yaitu keahlian Design (merancang karya) dan kemampuan Entrepreneurship (kewirausahaan, bisnis dan management). Pada peminatan ini setiap mahasiswa akan dilatih menjadi seorang generalist yaitu seorang desainer yang mempunyai pengetahuan di berbagai media disertai kemampuan teknis / skill sesuai minat dan passionnya.
Prospek Industri
Kompetensi dari lulusan DKV Designprenuer diharapkan mampu berperan dalam mengambil keputusan (Leadership), mengelola dan membuat startegi untuk bisnis (Manajerial) serta mencari orisinalitas dan suatu kebaruan (Inovasi) untuk memecahkan sebuah masalah (Design Thinking).
Profil Lulusan
Smart Designer, yaitu desainer yang berorientasi pada pemecahan masalah (Problem solver) menghasilkan karya desain yang efektif, terukur sebab dan alasannya, mempunyai nilai kemanfaatan dan dampaknya; baik bagi bisnis, sosial, maupun lingkungan. (Product & Business Inovator, Strategic Designer, Media Planner).
In House Desainer, yaitu desainer yang berwawasan manajerial yang mampu memberikan “value” pada proses bisnis dimana mereka bekerja melalui kemampuan berinovasi dan pemahaman akan branding. Desainer ini siap bekerja dalam perusahaan berskala ekonomi besar di luar industri desain. (Marketing Communication Manager, Division Head, Creative Head).
Designprenuer, yaitu desainer yang memiliki jiwa wirausaha: inovatif, risk-taker, visioner, open mind, dan memiliki naluri bisnis. Karakter ini tidak harus diterapkan sebagai pengusaha, tapi bagaimana mereka menerapkannya di perusahaan dimana mereka bekerja. (Brand Designer & Consultant, StartUp Creator).
Digital Desainer, yaitu desainer yang memahami media-media baru berbasis digital yang memahami human centered design (UX) dan model bisnis dibelakangnya. (UIUX Designer, Interaction Designer, Social Media Strategist).
Matakuliah yang Diambil
Pengantar Manajemen Desain: Mata kuliah ini memberikan pemahaman dasar mengenai keilmuan manajemen desain. Diawali dengan wawasan bisnis, wawasan desain dan manajemen desain. Diharapkan mahasiswa akan mampu memahami proses integrasi desain pada proses bisnis.
Visual Packaging : Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai desain kemasan mulai dari perspektif estetika (stuktur dan surface), proses manufaktur, branding hingga pemasaran produk. Mahasiswa diharap mampu membuat prototype kemasan (Primary Display Panel) hingga membuat konsep retail dalam media point of purchase.
Manajemen Pemasaran : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai kegiatan pemasaran. Dimulai dari konsep pembelian dan penjualan, keputusan pembelian serta consumer decision journey. Diharapakan mahasiswa dapat memahami manjemen pemasaran secara komprehensif melalui pembuatan marketing plan.
Elemen Desain Grafis : Mempelajari teori dan praktika mengenai prinsip, fungsi, dan aplikasi elemen desain grafis, yang disusun dalam prinsip tata letak untuk menghasilkan komunikasi berbasiskan visual dengan yang efektif dan menerapkan elemen desain grafis tersebut pada berbagai media tercetak dan digital.
Visual Storytelling : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai prinsip dan teori cara bertutur menggunakan gambar di media elektronik dan cetak. Dimulai dari prinsip dan aspek bercerita, jenis-jenis media, hingga pembuatan ilustrasi praproduksi. Diharapkan mahasiswa mampu bercerita menggunakan gambar.
Branding : Matakuliah ini memberikan pemahaman mengenai brand dan branding, mulai dari bagaimana membangun identitas (brand building), merancang arsitektur merek (branding strategi), melakukan brand audit, mengomunikasikan brand (brand communication) dan mengaktifkan brand (brand activation). Mahasiswa diharapkan akan mampu menyusun brand activation project.
Studio Mandes 3 (Brand Information – Time Based) : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai proses perancangan motion graphic untuk brand information. Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu merancang dan menerapkan konsep perancangan yang terkait dengan brand information melalui motion graphics yang menarik, efektif dan efisien.
Komputer Multimedia Lanjutan : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai cara membuat aplikasi multimedia interaktif mulai dari perancangan website dan prototype interface aplikasi mobile, menggunakan software Adobe Dreamweaver, WordPress, dan Figma. Mahasiswa diharapkan mampu merancang website dan prototype interface aplikasi mobile yang user friendly.
Portfolio & Strategi Presentasi : Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang proses koleksi, kurasi dan presentasi hasil karya pribadi dalam bentuk portofolio yang representatif. Materi diawali dari proses komprehensif pengelolaan karya hingga presentasi verbal maupun visual. Diharapkan mahasiswa akan dapat mempresentasikan karya secara komprehensif.
Digital Business : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai brand communication. Tahapannya dimulai dari observasi, penentuan positioning produk, pengembangan konsep pesan, konsep visual, konsep kreatif hingga konsep media bagi entitas bisnis. Mahasiswa diharapkan mampu untuk merencanakan strategi brand communication yang terintegrasi.
Komunikasi Pemasaran : Mata kuliah ini berfokus pada konsep dasar Integrated Marketing Communications, dimulai dari komunikasi pemasaran, jenis media konvensional dan non-tradisional hingga konsep pesan. Mahasiswa diharap mampu menyusun konsep pesan dan copywriting disesuaikan dengan tahap pembelian konsumen.
Human-centered Design : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai pemecahan masalah manusia dengan solusi desain yang berpusat kepada manusia, dimulai dari proses riset, analisis, ideasi, hingga konsep perancangan purwarupa. Mahasiswa diharapkan mampu membuat ajuan solusi desain berbentuk konsep aplikasi atau situs web.
Studio Mandes 4 : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai brand communication. Tahapannya dimulai dari observasi, penentuan positioning produk, pengembangan konsep pesan, konsep visual, konsep kreatif hingga konsep media bagi entitas bisnis. Mahasiswa diharapkan mampu untuk merencanakan strategi brand communication yang terintegrasi.
Digital Startup : Mata kuliah bertujuan menerapkan dan menganalisis model bisnis dalam Digital Business untuk diterapkan pada ide bisnis digital melalui proses design thinking.
Strategi Desain : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai proses formulasi strategi desain. Dimulai dengan analisis lingkungan bisnis eksternal dan internal, penentuan peluang desain hingga pemilihan strategi desain. Diharapkan mahasiswa mampu menentukan strategi desain yang tepat bagi entitas bisnis.
Studio Mandes 5 : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai perancangan strategi desain. Dimulai dari penentuan strategi desain, penyusunan konsep perancangan hingga visualisasi karya. Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan strategi desain secara holistik sesuai dengan kebutuhan entitas bisnis.
Interaction Design : Mata kuliah ini bertujuan untuk menerapkan hasil dari mata kuliah Digital StartUp berupa High Fidelity Prototyping dan diujikan interaktivitasnya pada user.
MK Pilihan:
Ilustrasi Terapan : Mata kuliah ini memberikan pemahaman lanjut di bidang ilustrasi agar mahasiswa mampu menerjemahkan teks ke dalam gambar dan menguasai implementasi ilustrasi ke dalam berbagai media, khususnya media yang diperlukan untuk presentasi identitas visual dan memberikan fungsi estetis yang unik pada berbagai media.
Fotografi Komersial : Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep fotografi untuk kebutuhan material promosi. Dimulai dari pemahaman karakter bisnis, teknik fotografi, konsep dan eksekusinya. Diharapkan mahasiswa akan mampu membuat foto yang baik untuk bisnis.
Motion Design : Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan wawasan mengenai proses perancangan gerak dalam lingkup desain komunikasi visual. Dimulai dari mengumpulkan data, merancang konsep perancangan, merancang storyline dan storyboard, merancang asset, hingga post-produksi. Diharapkan mahasiswa mampu merancang sebuah karya Corporate Video.
Videografi Komersil : Mata Kuliah ini bertujuan untuk memahami, mempelajari dan mempraktekkan teknik videografi dalam ranah Desain Komunikasi Visual, sehingga mahasiswa memiliki keahlian dan kemampuan di bidang videografi dengan penguasaan dan pemahaman prinsip-prinsip dasar, baik secara teknis maupun estetis.
Transmedia Project : Mata kuliah ini memberikan pemahaman relasi antara media dan hubungannya dengan audiens untuk membangun sebuah intelectual property. Dimulai dari world building, cerita, genre, karakteristik audiens, sampai ekspansi media. Mahasiswa diharapkan mampu memperdalam aspek storytelling dan merumuskan strategi media luarannya.
Copywriting : Matakuliah ini membahas tentang teori/ konsep dasar mengenai naskah iklan dalam perancangan iklan sehingga mahasiswa memahami pengetahuan dasar mengenai copywriting dan perannya dalam memaksimalkan pesan komunikasi sebuah iklan.
Study Plan
SEMESTER 1 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Bahasa Inggris | 2 | |
Literasi Teknologi | 2 | |
Pendidikan Agama | 2 | |
HEI | 1 | |
Menggambar dasar | 3 | |
Rupa Dasar 1 | 3 | |
Pengantar Studi Seni, Desain, Kriya dan Industri Kreatif | 3 | |
Menggambar Konstruktif | 3 | |
Jumlah SKS | 19 |
SEMESTER 2 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Bahasa Indonesia | 2 | |
Literasi Data | 2 | |
Budaya Nusantara | 2 | |
Menggambar Lanjut | 3 | |
Rupa Dasar 2 | 3 | |
Tipografi Dasar | 3 | |
Fotografi Dasar | 3 | |
Komunikasi dan Media Literasi | 2 | |
Jumlah SKS | 20 |
SEMESTER 3 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Studio DKV 1 (Identity Design) | 4 | |
Komputer Grafis | 3 | |
Ilustrasi Dasar | 3 | |
Teknologi Grafika | 3 | |
Estetika & Sejarah Komunikasi Visual | 3 | |
Pengantar Manajemen Desain | 2 | |
Kewirausahaan | 2 | |
Jumlah SKS | 20 |
SEMESTER 4 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Studio DKV 2 (Information Design) | 4 | |
Komputer Multimedia | 3 | |
Metodologi Desain & Design Thinking | 3 | |
Elemen Desain Grafis | 3 | |
Branding | 3 | |
Manajemen Pemasaran | 2 | |
Visual Story Telling | 2 | |
Pancasila | 2 | |
Jumlah SKS | 22 |
SEMESTER 5 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Semiotika dan Bahasa Visual | 2 | |
Studio MD 3 (Time Based Information Media) | 4 | |
Komputer Multimedia Lanjut | 3 | |
Visual Packaging | 3 | |
Digital Business | 3 | |
Komunikasi Pemasaran | 2 | |
Human-Centre Design | 2 | |
Jumlah SKS | 19 |
SEMESTER 6 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Metodologi Penelitian | 2 | |
Bahasa Inggris untuk Seni & Desain | 2 | |
Kerja Profesi | 2 | |
Studio MD 4 (Brand Communication) | 4 | |
Portofolio & Presentation Strategy | 3 | |
Digital Startup | 3 | |
Strategi Desain | 2 | |
MK Pilihan 1 | 3 | |
Fotografi Komersial | ||
Ilustrasi Terapan | ||
Videografi Komersial | ||
Jumlah SKS | 21 |
SEMESTER 7 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Kewarganegaraan | 2 | |
Seminar | 3 | |
Hak Kekayaan Intelektual (HKI) | 2 | |
Studio MD 5 (Strategic Design Project) | 4 | |
Interaction Design | 3 | |
Manajemen Proyek | 2 | |
MK Pilihan 2 | 3 | |
Transmedia Project | ||
Motion Design | ||
Copywriting | ||
Penulisan Artikel Ilmiah | ||
Jumlah SKS | 19 |
SEMESTER 8 | ||
KODE | MATA KULIAH | SKS |
Tugas Akhir/Skripsi | 6 | |
Jumlah SKS | 6 |
Relasi Mata Kuliah
Kegiatan Peminatan
MANDALA : merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh DKV Designpreneur untuk mengajak mahasiswa/i, siswa/i sederajat se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam kompetisi nasional ilustrasi dan komik strip.
CENDOL (Cipta Seni Anak Dayeuhkolot) : merupakan ajang pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh mahasiswa-mahasiswi DKV Designpreneur.
BAJIGUR : adalah kegiatan charity dengan mengusung konsep pawai yang identik dengan kebersamaan.
COPASS yaitu kegiatan pameran karya tugas MK studio dari mahasiswa/i DKV Designpreneur.
Media Sosial Peminatan
- Instagram: @dkv.designpreneur
- Youtube: designpreneur dkv