Advertising merupakan peminatan di prodi DKV dengan konsentrasi studi yang berkaitan erat dengan periklanan, brand communication, promosi yang berorientasi pada pengembangan industri kreatif di tanah air. Perbedaan DKV-Advertising terletak pada metode pemecahan masalah yang dititikberatkan pada kreativitas desain komunikasi visual. Disesuaikan dengan tren pasar lokal dan global, peminatan Advertising menyediakan beragam subjek dan program yang menunjang kompetensi mahasiswa dalam menghadapi kebutuhan industri periklanan.
Prospek Industri
Setelah masa perkuliahan berakhir, para alumni Advertising DKV telah dimodali kemampuan untuk memahami, menguasai, dan mengimplementasikan proses kreatif merancang iklan secara menyeluruh. Mulai dari mengidentifikasi masalah yang terkait dengan advertisement, membangun pesan komunikasi yang persuasif, elemen-elemen iklan berupa copywriting atau materi visual, pemilihan media promosi yang efektif, hingga proses produksi.
Profil Lulusan
Lulusan DKV – Advertising memiliki peluang besar bekerja dalam profesi yang lekat dengan industri kreatif, antara lain: Creative Director, Art Director, Visualizer, Copywriter, Graphic Designer for Advertisement, MediaPlanner, New Media Development, Brand Activation, Event Planner, Exhibition Designer, dsb.
Matakuliah yang Diambil
MK Studio
Studio Advertising 3 (Softsell + Hard Sell)
Merancang pesan komunikasi periklanan dengan model softsell maupun hardsell dalam berbagai media iklan.
Studio Advertising 4 (Digital Media)
Merancang strategi promosi melalui eksplorasi kreatif media baru berbasis teknologi yang interaktif.
Studio Advertising 5 (Pra TA)
Merancang konsep kreatif promosi yang menjawab kebutuhan brand dan bisnis dari perspektif iklan.
MK Peminatan
Tipografi dan Tata Letak Iklan
Kemampuan untuk mendesain layout dan tipografi yang efektif menyampaikan pesan komunikasi iklan.
Fotografi Eksploratif
Mempelajari prinsip fotografi dasar bagi pemula dan eksplorasi objek secara general
Video Content
Belajar dan bereksperimen dalam membuat konten-konten iklan dalam format video sederhana.
Psikologi Persepsi 2
Memahami konsep psikologi dasar yang berkaitan dengan persepsi dan pengolahan pesan komunikasi.
Creative Writing
Mempelajari konsep dasar, kaidah penulisan kreatif bagi pemula, dan mengekspresikan ide kreatif dalam tulisan.
Creative Content
Merancang konsep kreatif dalam pembuatan konten-konten digital untuk keperluan iklan maupun komersialisasi.
Copywriting 1
Memahami definisi dan pengetahuan dasar mengenai penulisan materi iklan dalam bentuk teks dan naskah radio.
Copywriting 2
Merancang script/naskah iklan untuk kebutuhan iklan TVC
Advertising dan Media Dasar
Memperoleh pengetahuan dasar mengenai agensi periklanan dalam industri kreatif indonesia dan profesi-profesi di dalamnya.
Advertising dan Media Lanjut
Mempelajari pengetahuan lanjut tentang strategi kreatif dalam periklanan, mulai dari perencanaan, bentuk strategi, membangun pesan yang efektif dan kreatif;
Manajemen Periklanan
pengetahuan tentang prinsip dasar manajemen yang berkaitan dengan konsep dasar periklanan ditinjau dari beragam jenis iklan, strategi, proses manajemen, strategi media, konsep pesan hingga konsep kreatif, utamanya yang berkaitan dengan kasus dalam periklanan.
Brand and Identity
dasar-dasar ilmu brand identity serta proses pembuatan strategi pengembangan brand suatu produk sehinga mampu menghasilkan identitas visual
Print Media
pengetahuan mengenai perkembangan teknologi cetak maupun proses cetak yang mendukung desain komunikasi visual, seperti packaging maupun visual merchandise.
New Media
Mempelajari fenomena perkembangan media terbaru dan implikasinya terhadap perilaku konsumen; strategi promosi dan komunikasi brand yang memanfaatkan media terbaru
Metodologi Penelitian Advertising
Memahami metode penelitian dalam proses pengumpulan, analisis, dan pengolahan data-data untuk keperluan analisis serta perancangan iklan.
Seminar Advertising
Memahami proses penelitian maupun penulisan yang berhubungan dengan data pasar, analisis hingga perancangan aktivitas iklan.
MK Pilihan
Fotografi Periklanan
Mengaplikasikan pengetahuan fotografi dasar ke dalam kebutuhan fotografi iklan/komersial, seperti foto katalog produk, brand ambassador, dll.
Visual Presentation
Metoda presentasi visual karya desain melalui digitalisasi, serta pembelajaran teknik presentasi secara verbal serta cara presentasi melalui media cetak, video dan audio visual
Creative Media
Mengeksplorasi jenis-jenis media yang tepak untuk setiap konten dan peruntukannya dalam kegiatan periklanan
Content Writing
Menerapkan kemampuan menulis kreatif dan persuasif untuk keperluan pembuatan konten iklan.
Ilustrasi Digital
Membuat ilustrasi komersial untuk kebutuhan iklan dengan memanfaatkan media digital.
Destination Branding
Merancang strategi promosi/branding untuk beragam kebutuhan pariwisata.
Study Plan
SEMESTER 1
KODE
MATA KULIAH
SKS
UWJ1E1
HEI
1
DCI1A3
Menggambar Dasar
3
DCI1B3
Rupa Dasar 1
3
DCI1C3
Pengantar Studi Seni Rupa, Desain, Kriya dan Industri Kreatif