Koordinator Peminatan

Sri Maharani Budi H, S.Ds., M.Advtg 


Profil Singkat

Advertising merupakan peminatan di prodi DKV dengan konsentrasi studi yang berkaitan erat dengan periklanan, brand communication, promosi yang berorientasi pada pengembangan industri kreatif di tanah air. Perbedaan DKV-Advertising terletak pada metode pemecahan masalah yang dititikberatkan pada kreativitas desain komunikasi visual. Disesuaikan dengan tren pasar lokal dan global, peminatan Advertising menyediakan beragam subjek dan program yang menunjang kompetensi mahasiswa dalam menghadapi kebutuhan industri periklanan.  


Prospek Industri

Setelah masa perkuliahan berakhir, para alumni Advertising DKV telah dimodali kemampuan untuk memahami, menguasai, dan mengimplementasikan proses kreatif merancang iklan secara menyeluruh. Mulai dari mengidentifikasi masalah yang terkait dengan advertisement, membangun pesan komunikasi yang persuasif, elemen-elemen iklan berupa copywriting atau materi visual, pemilihan media promosi yang efektif, hingga proses produksi. 


Profil Lulusan

Lulusan DKV – Advertising memiliki peluang besar bekerja dalam profesi yang lekat dengan industri kreatif, antara lain: Creative Director, Art Director, Visualizer, Copywriter, Graphic Designer for Advertisement, MediaPlanner, New Media Development, Brand Activation, Event Planner, Exhibition Designer, dsb.  


Matakuliah yang Diambil

MK Studio
Studio Advertising 3 (Softsell + Hard Sell)Merancang pesan komunikasi periklanan dengan model softsell maupun hardsell dalam berbagai media iklan.
Studio Advertising 4 (Digital Media)Merancang strategi promosi melalui eksplorasi kreatif media baru berbasis teknologi yang interaktif.
Studio Advertising 5 (Pra TA)Merancang konsep kreatif promosi yang menjawab kebutuhan brand dan bisnis dari perspektif iklan.
 
MK Peminatan
Tipografi dan Tata Letak IklanKemampuan untuk mendesain layout dan tipografi yang efektif menyampaikan pesan komunikasi iklan.
Fotografi EksploratifMempelajari prinsip fotografi dasar bagi pemula dan  eksplorasi objek secara general
Video ContentBelajar dan bereksperimen dalam membuat konten-konten iklan dalam format video sederhana.
Psikologi Persepsi 2Memahami konsep psikologi dasar yang berkaitan dengan persepsi dan pengolahan pesan komunikasi.
Creative WritingMempelajari konsep dasar, kaidah penulisan kreatif bagi pemula, dan mengekspresikan ide kreatif dalam tulisan.
Creative ContentMerancang konsep kreatif dalam pembuatan konten-konten digital untuk keperluan iklan maupun komersialisasi.
Copywriting 1Memahami definisi dan pengetahuan dasar mengenai penulisan materi iklan dalam bentuk teks dan naskah radio.
Copywriting 2Merancang script/naskah iklan untuk kebutuhan iklan TVC
Advertising dan Media DasarMemperoleh pengetahuan dasar mengenai agensi periklanan dalam industri kreatif indonesia dan profesi-profesi di dalamnya.
Advertising dan Media LanjutMempelajari pengetahuan lanjut tentang strategi kreatif dalam periklanan, mulai dari perencanaan, bentuk strategi, membangun pesan yang efektif dan kreatif;
Manajemen Periklananpengetahuan tentang prinsip dasar manajemen yang berkaitan dengan konsep dasar periklanan ditinjau dari beragam jenis iklan, strategi, proses manajemen, strategi media, konsep pesan hingga konsep kreatif, utamanya yang berkaitan dengan kasus dalam periklanan.
Brand and Identitydasar-dasar ilmu brand identity serta proses pembuatan strategi pengembangan brand suatu produk sehinga mampu menghasilkan identitas visual
Print Mediapengetahuan mengenai perkembangan teknologi cetak maupun proses cetak yang mendukung desain komunikasi visual, seperti packaging maupun visual merchandise.
New MediaMempelajari fenomena perkembangan media terbaru dan implikasinya terhadap perilaku konsumen; strategi promosi dan komunikasi brand yang memanfaatkan media terbaru
Metodologi Penelitian AdvertisingMemahami metode penelitian dalam proses pengumpulan, analisis, dan pengolahan data-data untuk keperluan analisis serta perancangan iklan.
Seminar AdvertisingMemahami proses penelitian maupun penulisan yang berhubungan dengan data pasar, analisis hingga perancangan aktivitas iklan.
 
MK Pilihan
Fotografi PeriklananMengaplikasikan pengetahuan fotografi dasar ke dalam kebutuhan fotografi iklan/komersial, seperti foto katalog produk, brand ambassador, dll.
Visual PresentationMetoda presentasi visual karya desain melalui digitalisasi, serta pembelajaran teknik presentasi secara verbal serta cara presentasi melalui media cetak, video dan audio visual
Creative MediaMengeksplorasi jenis-jenis media yang tepak untuk setiap konten dan peruntukannya dalam kegiatan periklanan
Content WritingMenerapkan kemampuan menulis kreatif dan persuasif untuk keperluan pembuatan konten iklan.
Ilustrasi DigitalMembuat ilustrasi komersial untuk kebutuhan iklan dengan memanfaatkan media digital.
Destination BrandingMerancang strategi promosi/branding untuk beragam kebutuhan pariwisata.

Study Plan

SEMESTER 1
KODEMATA KULIAHSKS
UWJ1E1HEI1
DCI1A3Menggambar Dasar3
DCI1B3Rupa Dasar 13
DCI1C3Pengantar Studi Seni Rupa, Desain, Kriya dan Industri Kreatif3
DVI1A3Menggambar Konstruktif3
DVJ1A3Komputer Grafis3
DVJ1B2Komunikasi dan Media Literasi2
Jumlah SKS18

SEMESTER 2
KODEMATA KULIAHSKS
DCI1D2Budaya Nusantara2
DVI1B3Menggambar Lanjut3
DVI1C3Rupa Dasar 23
DVI1D3Tipografi Dasar3
DVI1E3Fotografi Dasar3
DVJ1C3Komputer Multimedia3
DVJ1D2Hak Kekayaan Intelektual (HKI)2
Jumlah SKS19

SEMESTER 3
KODEMATA KULIAHSKS
DVI2A4Studio DKV 1 (Identity Design)4
DVI2C3Ilustrasi Dasar3
DVI2D3Teknologi Grafika3
DVI2E3Estetika & Sejarah Komunikasi Visual3
DAI2F2Psikologi Persepsi2
DAJ2A3Advertising dan Media Dasar2
DAJ2B2Fotografi Eksploratif3
UWJXC2Literasi Teknologi2
Jumlah SKS22

SEMESTER 4
KODEMATA KULIAHSKS
DVI2G4STUDIO DKV 2 (Information Design)4
DVI2I3Design Thinking & Metodologi Desain3
DAI2J3Copywriting 13
DAI2K3Tipografi dan Tata Letak Iklan3
DAJ2D2Advertising dan Media Lanjut2
DAJ2C2Manajemen Periklanan2
UWJXB2Literasi Data2
UKJXB2Pancasila2
Jumlah SKS21

SEMESTER 5
KODEMATA KULIAHSKS
DVI3A2Semiotika dan Bahasa Visual2
DAI3B4Studio Advertising 3 (Softsell + Hard Sell)4
DAI3C3Brand and Identity3
DAI3D3Copywriting 23
DAI3E3Creative Content3
DAJ3A3Creative Writing3
UAJXA2Pendidikan Agama Islam dan Etika2
UAJXB2Pendidikan Agama Kristen dan Etika
UAJXC2Pendidikan Agama Katholik dan Etika
UAJXD2Pendidikan Agama Hindu dan Etika
UAJXE2Pendidikan Agama Budha dan Etika
UAJXF2Pendidikan Agama Khong Hu Cu dan Etika
UWJXA2Bahasa Inggris2
Jumlah SKS22
MK. MBKM
UBJ3A4Wawasan dan Budaya Nusantara4
UBJ3B4Etika Profesi4
UBJ3C4Kuliah Kerja Nyata4
UBJ3D4Kepemimpinan4
Jumlah SKS16

SEMESTER 6
KODEMATA KULIAHSKS
DVI3K2Bahasa Inggris untuk Seni dan Desain2
DVI4B2Kerja Profesi2
DAJ3B2Metodologi Penelitian Advertising2
DAI3L4Studio Advertising 4 (Digital Media)4
DAI3E3Print Media3
DAI2N3New Media3
MK Pilihan 13
DAI3O3Visual Presentation
DAI3P3Fotografi Periklanan
DAI3Q3Content Writing
UWJXA2Kewirausahaan2
Jumlah SKS21
MK. MBKM
UBJ3E4Keselamatan Kerja4
UBJ3F4Keterampilan Komunikasi4
UBJ3G4Kerjasama dan Kolaborasi Tim4
UBJ3H4Public Speaking4
Jumlah SKS16

SEMESTER 7
KODEMATA KULIAHSKS
DAJ4A3Seminar Advertising3
DAI4C4Studio Advertising 5 (Pra TA)4
DAJ3A3Video Content3
MK Pilihan 23
DAI4F3Creative Media
DAI4G3Ilustrasi Digital
DAI4H3Branding Destination
UKJXA2Kewarganegaraan2
Jumlah SKS15
MK. WRAP
UIJ4YCWRAP INTERNSHIP 112
URJ4Y9WRAP RESEARCHSHIP 19
WRAP ENTREPRENEURSHIP BTP 118

SEMESTER 8
KODEMATA KULIAHSKS
DCJ4E6Tugas Akhir/Skripsi6
UKJXC2Bahasa Indonesia2
Jumlah SKS8
MK. WRAP
UIJ4Y6WRAP INTERNSHIP 26
URJ4Z9WRAP RESEARCHSHIP 29
WRAP ENTREPRENEURSHIP BTP 216
TOTAL SKS146

Relasi Mata Kuliah


Kegiatan Peminatan

  • Ceria Pariwara 
  • Benchmark 

Media Sosial Peminatan

Instagram: @dkv.advertising