Koordinator Peminatan

AISYI SYAFIKARANI, ST., M.Ds.

 


 

Profil Singkat

Advertising merupakan peminatan di prodi DKV dengan konsentrasi studi yang berkaitan erat dengan periklanan, brand communication, promosi yang berorientasi pada pengembangan industri kreatif di tanah air. Perbedaan DKV-Advertising terletak pada metode pemecahan masalah yang dititikberatkan pada kreativitas desain komunikasi visual. Disesuaikan dengan tren pasar lokal dan global, peminatan Advertising menyediakan beragam subjek dan program yang menunjang kompetensi mahasiswa dalam menghadapi kebutuhan industri periklanan.

 


 

Prospek Industri

Setelah masa perkuliahan berakhir, para alumni Advertising DKV telah dimodali kemampuan untuk memahami, menguasai, dan mengimplementasikan proses kreatif merancang iklan secara menyeluruh. Mulai dari mengidentifikasi masalah yang terkait dengan advertisement, membangun pesan komunikasi yang persuasif, elemen-elemen iklan berupa copywriting atau materi visual, pemilihan media promosi yang efektif, hingga proses produksi.

 

 


 

Profil Lulusan

Lulusan DKV – Advertising memiliki peluang besar bekerja dalam profesi yang lekat dengan industri kreatif, antara lain: Creative Director, Art Director, Visualizer, Copywriter, Graphic Designer for Advertisement, MediaPlanner, New Media Development, Brand Activation, Event Planner, Exhibition Designer, dsb.

 

 


 

Matakuliah yang Diambil

 

MK Studio
Studio Advertising 3 (Softsell + Hard Sell) Merancang pesan komunikasi periklanan dengan model softsell maupun hardsell dalam berbagai media iklan.
Studio Advertising 4 (Digital Media) Merancang strategi promosi melalui eksplorasi kreatif media baru berbasis teknologi yang interaktif.
Studio Advertising 5 (Pra TA) Merancang konsep kreatif promosi yang menjawab kebutuhan brand dan bisnis dari perspektif iklan.
 
MK Peminatan
Tipografi dan Tata Letak Iklan Kemampuan untuk mendesain layout dan tipografi yang efektif menyampaikan pesan komunikasi iklan.
Fotografi Eksploratif Mempelajari prinsip fotografi dasar bagi pemula dan  eksplorasi objek secara general
Video Content Belajar dan bereksperimen dalam membuat konten-konten iklan dalam format video sederhana.
Psikologi Persepsi 2 Memahami konsep psikologi dasar yang berkaitan dengan persepsi dan pengolahan pesan komunikasi.
Creative Writing Mempelajari konsep dasar, kaidah penulisan kreatif bagi pemula, dan mengekspresikan ide kreatif dalam tulisan.
Creative Content Merancang konsep kreatif dalam pembuatan konten-konten digital untuk keperluan iklan maupun komersialisasi.
Copywriting 1 Memahami definisi dan pengetahuan dasar mengenai penulisan materi iklan dalam bentuk teks dan naskah radio.
Copywriting 2 Merancang script/naskah iklan untuk kebutuhan iklan TVC
Advertising dan Media Dasar Memperoleh pengetahuan dasar mengenai agensi periklanan dalam industri kreatif indonesia dan profesi-profesi di dalamnya.
Advertising dan Media Lanjut Mempelajari pengetahuan lanjut tentang strategi kreatif dalam periklanan, mulai dari perencanaan, bentuk strategi, membangun pesan yang efektif dan kreatif;
Manajemen Periklanan pengetahuan tentang prinsip dasar manajemen yang berkaitan dengan konsep dasar periklanan ditinjau dari beragam jenis iklan, strategi, proses manajemen, strategi media, konsep pesan hingga konsep kreatif, utamanya yang berkaitan dengan kasus dalam periklanan.
Brand and Identity dasar-dasar ilmu brand identity serta proses pembuatan strategi pengembangan brand suatu produk sehinga mampu menghasilkan identitas visual
Print Media pengetahuan mengenai perkembangan teknologi cetak maupun proses cetak yang mendukung desain komunikasi visual, seperti packaging maupun visual merchandise.
New Media Mempelajari fenomena perkembangan media terbaru dan implikasinya terhadap perilaku konsumen; strategi promosi dan komunikasi brand yang memanfaatkan media terbaru
Metodologi Penelitian Advertising Memahami metode penelitian dalam proses pengumpulan, analisis, dan pengolahan data-data untuk keperluan analisis serta perancangan iklan.
Seminar Advertising Memahami proses penelitian maupun penulisan yang berhubungan dengan data pasar, analisis hingga perancangan aktivitas iklan.
 
MK Pilihan
Fotografi Periklanan Mengaplikasikan pengetahuan fotografi dasar ke dalam kebutuhan fotografi iklan/komersial, seperti foto katalog produk, brand ambassador, dll.
Visual Presentation Metoda presentasi visual karya desain melalui digitalisasi, serta pembelajaran teknik presentasi secara verbal serta cara presentasi melalui media cetak, video dan audio visual
Creative Media Mengeksplorasi jenis-jenis media yang tepak untuk setiap konten dan peruntukannya dalam kegiatan periklanan
Content Writing Menerapkan kemampuan menulis kreatif dan persuasif untuk keperluan pembuatan konten iklan.
Ilustrasi Digital Membuat ilustrasi komersial untuk kebutuhan iklan dengan memanfaatkan media digital.
Destination Branding Merancang strategi promosi/branding untuk beragam kebutuhan pariwisata.

 


 

Study Plan

 

SEMESTER 1
KODE MATA KULIAH SKS
FAK1AAB2 Budaya Nusantara 2
FAK1BAB3 Pengantar Desain Komunikasi Visual 3
FAK1CAB3 Rupa Dasar 1 3
FAK1DAB3 Menggambar Bentuk 3
FAK1EAB3 Menggambar Figuratif 3
FAK1FAB3 Komputer Grafis 3
UCK1FDB1 Internalisasi Budaya dan Pembentukan Karakter 1
Jumlah SKS 18

 


 

SEMESTER 2
KODE MATA KULIAH SKS
FAK1GAB2 Estetika & Sejarah Komunikasi Visual 2
FAK1HAB2 Bahasa Inggris untuk Seni dan Desain 2
FAK1IAB2 Komunikasi dan Media Literasi 2
FAK1JAB3 Tipografi Dasar 3
FAK1KAB3 Komputer Multimedia 3
FAK1LAB3 Teknologi Grafika 3
FAK1MAB4 Studio DKV 1 – Literasi Visual dan Ikonografi 4
Jumlah SKS 19

 


 

SEMESTER 3
KODE MATA KULIAH SKS
FAK2BAB3 Copywriting 3
FAK2CAB2 Semiotika dan Bahasa Visual 3
FAK2DAB3 Tipografi dan Tata Letak 3
FAK2EAB3 Fotografi Dasar 2
FAK2FAB3 Ilustrasi Dasar 2
FAK2GAB4 Studio DKV 2 – Desain Informasi 3
UAKXACB2 Pendidikan Agama dan Etika (ganjil) 2
Jumlah SKS 18

 


 

SEMESTER 4
KODE MATA KULIAH SKS
FAK2HAB2 Design Thinking 2
FAK2IAC3 Visual Story Telling 3
FAK2JAB4 Studio DKV 3 – Identitas Brand 4
FAK2AIB3 Copywriting 2 3
FAK2BIB3 Advertising & Media 3
FAK2CIB3 Market Research & Consumer Behaviour 3
FAK2DIB2 Manajemen Periklanan 2
UBKXCCB2 Bahasa Indonesia (genap) 2
Jumlah SKS 22

 


 

SEMESTER 5
KODE MATA KULIAH SKS
DVI3A2 Semiotika dan Bahasa Visual 2
DAI3B4 Studio Advertising 3 (Softsell + Hard Sell) 4
DAI3C3 Brand and Identity 3
DAI3D3 Copywriting 2 3
DAI3E3 Creative Content 3
DAJ3A3 Creative Writing 3
UWJXA2 Bahasa Inggris 2
 
Jumlah SKS 22
  MK. MBKM  
UBJ3A4 Wawasan dan Budaya Nusantara 4
UBJ3B4 Etika Profesi 4
UBJ3C4 Kuliah Kerja Nyata 4
UBJ3D4 Kepemimpinan 4
Jumlah SKS 16

 

SEMESTER 6
KODE MATA KULIAH SKS
DVI3K2 Bahasa Inggris untuk Seni dan Desain 2
DVI4B2 Kerja Profesi 2
DAJ3B2 Metodologi Penelitian Advertising 2
DAI3L4 Studio Advertising 4 (Digital Media) 4
DAI3E3 Print Media 3
DAI2N3 New Media 3
  MK Pilihan 1 3
DAI3O3 Visual Presentation
DAI3P3 Fotografi Periklanan
DAI3Q3 Content Writing
UWJXA2 Kewirausahaan 2
Jumlah SKS 21
  MK. MBKM  
UBJ3E4 Keselamatan Kerja 4
UBJ3F4 Keterampilan Komunikasi 4
UBJ3G4 Kerjasama dan Kolaborasi Tim 4
UBJ3H4 Public Speaking 4
Jumlah SKS 16

 


 

SEMESTER 7
KODE MATA KULIAH SKS
DAJ4A3 Seminar Advertising 3
DAI4C4 Studio Advertising 5 (Pra TA) 4
DAJ3A3 Video Content 3
  MK Pilihan 2 3
DAI4F3 Creative Media
DAI4G3 Ilustrasi Digital
DAI4H3 Branding Destination
UKJXA2 Kewarganegaraan 2
Jumlah SKS 15
  MK. WRAP  
UIJ4YC WRAP INTERNSHIP 1 12
URJ4Y9 WRAP RESEARCHSHIP 1 9
  WRAP ENTREPRENEURSHIP BTP 1 18

 


 

SEMESTER 8
KODE MATA KULIAH SKS
DCJ4E6 Tugas Akhir/Skripsi 6
UKJXC2 Bahasa Indonesia 2
Jumlah SKS 8
  MK. WRAP  
UIJ4Y6 WRAP INTERNSHIP 2 6
URJ4Z9 WRAP RESEARCHSHIP 2 9
  WRAP ENTREPRENEURSHIP BTP 2 16
TOTAL SKS 146

 


 

Relasi Mata Kuliah

 

 


 

Kegiatan Peminatan

 

  • Ceria Pariwara

 

  • Benchmark

 


 

Media Sosial Peminatan

Instagram: @dkv.advertising