MK. Studio |
1 | Studio Desain Grafis 3 (Commercial & Corporate Identity Design) | Mata kuliah ini berisi pengetahuan merancang ( baru atau re design) identitas visual perusahaan, melalui proses, riset data, konsep strategi merk ( brand strategy), konsep komunikasi ( pesan ) ,positioning, dan gagasan visual symbol. yang diatur dalam sebuah Visual brand Manual diaplikasikan dalam stationery dan kebutuhan medium komunikasi |
2 | Studio Desain Grafis 4 (Etno Identity Design) | Mata kuliah ini berisi pengetahuan perencanaan dan perancangan media Desain Grafis berbasis kultural (etno identity/etno branding) dengan tujuan utama melakukan Reaktualisasi, Revitalisasi,dan Rekontruksi budaya Nusantara. Simulasi praktikanya MK ini adalah Board Games , Desain kemasan berbasis Tradisi, Desain Buku Manuskrip dan Destination Branding Design ( pilihan ) |
3 | Studio Desain Grafis 5 (IdentIty Design and Visual Branding for Product Development) | Berisi tentang pengembangan produk dan pembangunan merk ( Product Development dan Brand Building ) dari sebuah ide bisnis berbasis kreatifitas (desain) grafis, dan ide bisnis lainnya, merencanakan bisnis model dan strategi merk nya, serta mempresentasikanya dalam sebuah proposal kreatif yang realistis, logis dan strategis. |
MK. Peminatan |
1 | Fotografi Desain | Mempelajari jenis foto still-life komersial. Pengenalan flash ,peralatan studio dan teknik pencahayaan. Pemotretan model dan fesyen. Kemampuan akhir yang diharapkan adalah disamping mahasiswa memahami jenis foto still life serta dapat membuat karya foto yang memiliki konsep kesan dan pesan. |
2 | Tinjauan desain Grafis | Mata kuliah Tinjauan Grafis berisikan tentang perkembangan ideologi desain grafis dari awal kemunculannya hingga saat ini. Tinjauan grafis akan menelaah aspek historis, sosial, komunikasi, dan gaya dalam perkembangan desain grafis dari awal kemunculannya sampai sekarang. |
3 | Illustrasi Lanjut | Dalam mata kuliah Ilustrasi Lanjut, diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik menggambar secara manual yang kemudian diolah bentuk lanjutannya dengan finishing akhir secara digital. Bobot materi lebih pada penafsiran kata menjadi syimbol dan bahasa visual untuk memenuhi kebutuhan ilustrasi dalam media komunikasi visual, baik statis maupun dinamis |
4 | Tipografi dan Tata Letak Grafis | Mempelajari proses pengaturan tata letak elemen-elemen desain terhadap satu bidang dalam media terutama layout. Dengan tujuan akhirnya mahasiswa diharapkan mampu merancang layout pada semua media yang berhubungan dengan desain komunikasi visual sesuai dengan karakter dan kebutuhan |
5 | Produksi Grafika | Pada mata kuliah ini akan dibahas pengetahuan tentang prinsip-prinsip teknologi cetak, mempelajari sejarah tentang proses cetak, pembuatan produk cetak dalam berbagai teknik-teknik dalam percetakan, menganalisa produk-produk cetak serta praktek berbagai teknik cetak hingga mengetahui serta memahami proses cetak digital |
6 | Desain Grafis Sosial | Mata Kuliah ini adalah matakuliah yang memberikan pengetahuan tentang fungsi sosial dari desain grafis, gerakan etis, tokoh dan manisfesto, dengan pencapaian akhir mahasiswa membuat media desain grafis berbasis metoda pemecahan masalah dari sebuah objek sosial dan menjadi media pengabdian masyarakat |
7 | Pengantar Branding | Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan lanjut di bidang ilustrasi, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam penguasaan alat dan media alternatif (non-mainstream) dalam menggambar, mengatur komposisi serta pemahaman visual lainnya dalam rangka memberikan fungsi estetis yang unik pada karya ilustrasi |
8 | Desain Antar Muka untuk Web Site + Motion Graphic | Mata Kuliah Desain Antar Muka untuk Website + Motion Graphic ini mempelajari, memahami dan membuat perancangan layout website serta membuat motion graphic (untuk kebutuhan promosi). Diharapkan mahasiswa mampu membuat desain tampilan untuk website dan motion graphic (Figma & Animate). |
9 | Metodologi Penelitian | Tujuan mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa pada kemampuan untuk melakukan penelitian dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar penelitian, cara-cara melaksanakan proses penelitian, terutama penelitian visual, melalui paradigma kualitatif, kuantitatif maupun campuran kedua metode tersebut, serta mengembangkan ketrampilan meneliti yang mencakup proses dan operasional penelitian, cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, asumsi serta penarikan kesimpulan |
10 | Desain Antar Muka Aplikasi | Mata Kuliah Desain Antar Muka untuk Aplikasi ini mempelajari, memahami dan membuat desain prototype aplikasi smartphone. Sehingga mahasiswa mampu menentukan flow aplikasi, membuat tampilan elemen visual aplikasi dan memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif dengan program aplikasi desain user interface (Figma). |
11 | Desain Kemasan Dasar | Mempelajari identifikasi brand dan identitas kemasan produk dari fungsi dan tujuannya; manfaat kemasan dan lingkup desain; aspek desain struktur kemasan; perencanaan desain kemasan; konsep strategi; riset dan analisis bahan; analisis aspek struktur material; dengan tujuan akhir mahasiswa mampu menciptakan kemasan yang layak secara konseptual, semantik, dan teknis. |
12 | Environmental Graphic Design | Mata kuliah ini mempelajari tahapan-tahapan yang terjadi dalam proyek perancangan sistem informasi dan bagaimana cara menangani proyek sistem informasi. Pendalaman keterampilan menangani proyek SI diberikan dalam bentuk tugas makalah dan tugas praktek secara individu mapun kelompok pada kasus tertentu dalam bidang Sistem Informasi yang harus diselesaikan dengan proposal proyek sistem informasi |
13 | Inovasi Grafis | Mempelajari berbagai medium komunikasi visual dengan titik berat pada pemahaman bentuk desain struktur dengan riset dan analisa produk berdasarkan pada material kemasannya. Mahasiswa diharapkan mampu merancang desain struktur yang tepat guna berdasarkan karakteristik produk, pemahaman sistem grafis, struktur visual, terintegrasi, pemahaman teori gestalt dan pemahaman tanda, makna dan komunikasi. |
14 | Seminar | Mata kuliah Seminar akan mengantarkan mahasiswa pada kemampuan untuk mengangkat suatu topik aktual di masyarakat terkait keilmuan DKVl dalam forum seminar. Meliputi cara memilih dan menyusun topik penelitian, teknis pengumpulan data, penggunaan metodologi, penulisan makalah serta mempresentasikannya dalam forum seminar. |
15 | Desain Kemasan Lanjut | Mempelajari berbagai medium komunikasi visual dengan titik berat pada pemahaman bentuk desain struktur dengan riset dan analisa produk berdasarkan pada material kemasannya. Mahasiswa diharapkan mampu merancang desain struktur yang tepat guna berdasarkan karakteristik produk, pemahaman sistem grafis, struktur visual, terintegrasi, pemahaman teori gestalt dan pemahaman tanda, makna dan komunikasi. |
MK. Pilihan |
1 | Komik | Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan untuk memahami komik sebagai bahasa komunikasi visual. Dipersiapkan sebagai mata kuliah penunjang profesi, mata kuliah ini akan mengajarkan pengetahuan umum tentang komik serta bagaimana bahasa komik bisa mengkomunikasikan gagasan pesan secara visual |
2 | Seni Cetak Saring | Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan lanjut di bidang ilustrasi, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam penguasaan alat dan media alternatif (non-mainstream) dalam menggambar, mengatur komposisi serta pemahaman visual lainnya dalam rangka memberikan fungsi estetis yang unik pada karya ilustrasi |
3 | Publishing Design | Perkuliahan ini bertujuan untuk mengasah kompetensi mahasiswa dalam hal malakukan pengolahan bahasa visual dan tataletak pada pembuatan desain publikasi, dengan lebih menekankan pada gaya dan kesan yang dikembangkan dari suatu pesan dalam ranah Desain Komunikasi Visual khususnya pada Desain Grafis |
4 | Tipografi Digital | Tipografi digital mempelajari cara membuat dan mengolah huruf berbasis digital dengan menggunakan software/perangkat lunak pembuat font. Mahasiswa diharapkan mampu merancang font secara digital dengan menerapkan prinsip-prinsip tipografi dasar |
5 | Ilustrasi Eksperimental | Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan lanjut di bidang ilustrasi, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam penguasaan alat dan media alternatif (non-mainstream) dalam menggambar, mengatur komposisi serta pemahaman visual lainnya dalam rangka memberikan fungsi estetis yang unik pada karya ilustrasi |
6 | Desain Pameran dan Ritel | Kuliah ini akan membahas pengetahuan tentang Produk dan keberadaannya dalam ruang retail, jenis jenis iindustr retail, termasuk upaya Branding , media ( POSM) dan proses merancangnya .Kemudian memberi pengetahuan tentang merancang media komunikasi produk berbentuk desain booth pameran |