Koordinator Peminatan

Taufiq Wahab, S.Sn., M.Sn. 


Profil Singkat

Peminatan Desain Grafis berfokus pada perancangan media Desain Komunikasi Visual dengan penguatan pada Desain Identitas dan Desain Informasi untuk kebutuhan solusi kreatif transformasi  perusahaan/produk komersil. Memberikan pendidikan kepada mahasiswanya agar mempunyai karakter khas dan senantiasa mampu beradaptasi dengan transformasi  teknologi digital, perubahan budaya (reservasi, rekontruksi dan revitalisasi kultural dan sosial) serta media baru untuk komersial  yang diimplementasikan dalam bentuk media cetak, media digital, dan media baru (terkini). 


Prospek Industri

Kompetensi dari lulusan Peminatan Desain Grafis mampu mengembangkan keilmuannya untuk memecahkan masalah di masyarakat dengan pendekatan desain yang holistik, analis, dan praktis, baik dalam lingkup sosial maupun komersial. Selain itu, Peminatan Desain Grafis mampu mencetak mahasiswa menjadi praktisi dan pemikir desain yang dapat berkontribusi secara di masyarakat. 


Profil Lulusan

  • Graphic Artist 
  • Graphic Designer 
  • Branding Designer 
  • UI/UX Designer 
  • Packaging Designer 
  • Comic Artist 
  • Illustrator 
  • Photographer 
  • Book Designer 
  • Graphic Design Entrepreneur 
  • Boardgame Designer 
  • Product Developer 

Matakuliah yang Diambil

MK. Studio 
Studio Desain Grafis 3 (Commercial & Corporate Identity Design) Mata kuliah ini  berisi pengetahuan  merancang ( baru atau re design) identitas  visual perusahaan, melalui  proses, riset data, konsep strategi merk ( brand strategy), konsep komunikasi ( pesan ) ,positioning, dan gagasan visual symbol. yang diatur dalam sebuah Visual brand Manual  diaplikasikan dalam stationery dan kebutuhan  medium komunikasi 
Studio Desain Grafis 4 (Etno Identity Design)  Mata kuliah ini berisi pengetahuan  perencanaan dan perancangan media Desain Grafis berbasis kultural (etno identity/etno branding) dengan tujuan utama melakukan Reaktualisasi, Revitalisasi,dan Rekontruksi budaya Nusantara. Simulasi  praktikanya MK ini adalah Board Games  , Desain kemasan berbasis Tradisi, Desain Buku Manuskrip dan  Destination Branding Design ( pilihan ) 
Studio Desain Grafis 5 (IdentIty Design and Visual Branding for Product Development) Berisi tentang pengembangan produk  dan pembangunan merk ( Product Development dan Brand Building ) dari  sebuah ide bisnis berbasis kreatifitas (desain) grafis, dan ide bisnis lainnya, merencanakan bisnis model dan strategi merk nya,  serta mempresentasikanya dalam sebuah proposal kreatif yang realistis, logis dan strategis.   
MK. Peminatan 
Fotografi Desain Mempelajari jenis foto still-life komersial. Pengenalan flash ,peralatan studio dan teknik pencahayaan. Pemotretan model dan fesyen. Kemampuan akhir yang diharapkan adalah disamping mahasiswa memahami jenis foto still life serta dapat membuat karya foto yang memiliki konsep kesan dan pesan.   
Tinjauan desain Grafis Mata kuliah Tinjauan Grafis berisikan tentang perkembangan ideologi desain grafis dari awal kemunculannya hingga saat ini. Tinjauan grafis akan menelaah aspek historis, sosial, komunikasi, dan gaya dalam perkembangan desain grafis dari awal kemunculannya sampai sekarang.    
Illustrasi Lanjut  Dalam mata kuliah Ilustrasi Lanjut, diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teknik menggambar secara manual yang kemudian diolah bentuk lanjutannya dengan finishing akhir secara digital. Bobot materi lebih pada penafsiran kata menjadi syimbol dan bahasa visual untuk memenuhi kebutuhan ilustrasi dalam media komunikasi visual, baik statis maupun dinamis 
Tipografi dan Tata Letak Grafis Mempelajari proses pengaturan tata letak elemen-elemen desain terhadap satu bidang dalam media terutama layout. Dengan tujuan akhirnya mahasiswa diharapkan mampu merancang layout pada semua media yang berhubungan dengan desain komunikasi visual sesuai dengan karakter dan kebutuhan 
Produksi Grafika Pada mata kuliah ini akan dibahas pengetahuan tentang prinsip-prinsip teknologi cetak, mempelajari sejarah tentang proses cetak, pembuatan produk cetak dalam berbagai teknik-teknik dalam percetakan, menganalisa produk-produk cetak serta praktek berbagai teknik cetak hingga mengetahui serta memahami proses cetak digital 
Desain Grafis Sosial Mata Kuliah  ini adalah matakuliah yang memberikan pengetahuan tentang fungsi sosial dari desain grafis, gerakan etis, tokoh dan manisfesto, dengan pencapaian akhir mahasiswa membuat media desain grafis berbasis  metoda pemecahan masalah dari sebuah objek sosial dan menjadi media pengabdian masyarakat   
Pengantar Branding Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan lanjut di bidang ilustrasi, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam penguasaan alat dan media alternatif (non-mainstream) dalam menggambar, mengatur komposisi serta pemahaman visual lainnya dalam rangka memberikan fungsi estetis yang unik pada  karya ilustrasi 
Desain Antar Muka untuk Web Site + Motion Graphic Mata Kuliah Desain Antar Muka untuk  Website + Motion Graphic ini mempelajari, memahami dan membuat perancangan layout website serta membuat motion graphic (untuk kebutuhan promosi). Diharapkan mahasiswa mampu membuat desain tampilan untuk website dan motion graphic (Figma & Animate).  
Metodologi Penelitian Tujuan mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa pada kemampuan untuk melakukan penelitian dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar penelitian, cara-cara melaksanakan proses penelitian, terutama penelitian visual, melalui paradigma kualitatif, kuantitatif maupun campuran kedua metode tersebut, serta mengembangkan ketrampilan meneliti yang mencakup  proses dan operasional penelitian, cara pengumpulan data, pengolahan data, analisis data, asumsi serta penarikan kesimpulan 
10 Desain Antar Muka Aplikasi Mata Kuliah Desain Antar Muka untuk Aplikasi ini mempelajari, memahami dan membuat desain prototype aplikasi smartphone. Sehingga mahasiswa mampu menentukan flow aplikasi, membuat tampilan elemen visual aplikasi dan memenuhi kebutuhan pengguna secara efektif dengan program aplikasi desain user interface (Figma).  
11 Desain Kemasan Dasar Mempelajari identifikasi brand dan identitas kemasan produk dari fungsi dan tujuannya; manfaat kemasan dan lingkup desain; aspek desain struktur kemasan; perencanaan desain kemasan; konsep strategi; riset dan analisis bahan; analisis aspek struktur material; dengan tujuan akhir mahasiswa mampu menciptakan kemasan yang layak secara konseptual, semantik, dan teknis.  
12 Environmental Graphic Design Mata kuliah ini mempelajari tahapan-tahapan yang terjadi dalam proyek perancangan sistem informasi dan bagaimana cara menangani proyek sistem informasi. Pendalaman keterampilan menangani proyek SI diberikan dalam bentuk tugas makalah dan tugas praktek secara individu mapun kelompok pada kasus tertentu dalam bidang Sistem Informasi yang harus diselesaikan dengan proposal proyek sistem informasi 
13 Inovasi Grafis Mempelajari berbagai medium komunikasi visual dengan titik berat pada pemahaman bentuk desain struktur dengan riset dan analisa produk berdasarkan pada material kemasannya. Mahasiswa diharapkan mampu merancang desain struktur yang tepat guna berdasarkan karakteristik produk, pemahaman sistem grafis, struktur visual, terintegrasi, pemahaman teori gestalt dan pemahaman tanda, makna dan komunikasi.  
14 Seminar  Mata kuliah Seminar akan mengantarkan mahasiswa pada kemampuan untuk mengangkat suatu topik aktual di  masyarakat terkait keilmuan DKVl dalam forum seminar. Meliputi cara memilih dan menyusun topik penelitian, teknis pengumpulan data, penggunaan metodologi, penulisan makalah serta mempresentasikannya dalam forum seminar. 
15 Desain Kemasan Lanjut Mempelajari berbagai medium komunikasi visual dengan titik berat pada pemahaman bentuk desain struktur dengan riset dan analisa produk berdasarkan pada material kemasannya. Mahasiswa diharapkan mampu merancang desain struktur yang tepat guna berdasarkan karakteristik produk, pemahaman sistem grafis, struktur visual, terintegrasi, pemahaman teori gestalt dan pemahaman tanda, makna dan komunikasi.  
MK. Pilihan 
Komik Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan wawasan untuk memahami komik sebagai bahasa komunikasi visual. Dipersiapkan sebagai mata kuliah penunjang profesi, mata kuliah ini akan mengajarkan pengetahuan umum tentang komik serta bagaimana bahasa komik bisa mengkomunikasikan gagasan pesan secara visual 
Seni Cetak Saring Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan lanjut di bidang ilustrasi, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam penguasaan alat dan media alternatif (non-mainstream) dalam menggambar, mengatur komposisi serta pemahaman visual lainnya dalam rangka memberikan fungsi estetis yang unik pada  karya ilustrasi 
Publishing Design Perkuliahan ini bertujuan untuk mengasah kompetensi mahasiswa dalam hal malakukan pengolahan bahasa visual dan tataletak pada pembuatan desain publikasi, dengan lebih menekankan pada gaya dan kesan yang dikembangkan dari suatu pesan dalam ranah Desain Komunikasi Visual khususnya pada Desain Grafis  
Tipografi Digital  Tipografi digital mempelajari cara membuat dan mengolah huruf berbasis digital dengan menggunakan software/perangkat lunak pembuat font. Mahasiswa diharapkan mampu merancang font secara digital dengan menerapkan prinsip-prinsip tipografi dasar 
Ilustrasi Eksperimental Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan keterampilan lanjut di bidang ilustrasi, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam penguasaan alat dan media alternatif (non-mainstream) dalam menggambar, mengatur komposisi serta pemahaman visual lainnya dalam rangka memberikan fungsi estetis yang unik pada  karya ilustrasi 
Desain Pameran dan Ritel Kuliah ini akan membahas pengetahuan tentang Produk dan keberadaannya dalam ruang retail, jenis jenis iindustr retail, termasuk upaya Branding , media ( POSM)  dan proses merancangnya .Kemudian memberi pengetahuan tentang merancang media komunikasi produk berbentuk desain booth pameran 

Study Plan

SEMESTER 1SEMESTER 2TINGKAT 1
KODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/CreditKODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/Credit
THEI1DCJ1D4Budaya Nusantara2
DCJ1A3Menggambar Dasar3DVJ1D3Menggambar Lanjut3
DCJ1B3Rupa Dasar 13DVJ1E3Rupa Dasar 23
DCJ1C3Pengantar Studi Seni Rupa, Desain, Kriya dan Industri Kreatif3DVJ1F3Tipografi Dasar3
PDVJ1G3Fotografi Dasar3
DVJ1A3Menggambar Konstruktif3DVJ1H3Komputer Multimedia3
DVJ1B3Komputer Grafis3DVJ1I2Hak Kekayaan Intelektual (HKI) (smstr 7/8)2
DVJ1C2Komunikasi dan Media Literasi2
181937

SEMESTER 3SEMESTER 4TINGKAT 2
KODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/CreditKODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/Credit
DVJ2A4Studio DKV 1 (Identity Design)4T
DVJ2B3Ilustrasi Dasar3DVJ2E4Studio DKV 2 (Information Design)4
DVJ2C3Teknologi Grafika3DVJ2F3Design Thinking & Metodologi Desain3
DVJ2D3Estetika & Sejarah Komunikasi Visual3DGJ2C3Illustrasi Lanjut3
DGJ2A3Fotografi Lanjut3DGJ2D3Tipografi dan Tata Letak Grafis3
DGJ2B3Tinjauan desain Grafis2DGJ2E3Produksi Grafika3
MK PILIHAN 13
DGJ2F3Komik
DGJ2G3Seni Cetak Saring
DGJ2H3Publishing Design
181937

SEMESTER 5SEMESTER 6TINGKAT 3
KODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/CreditKODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/Credit
DVJ3A2Semiotika dan Bahasa Visual2TBahasa Inggris2
DVJ3B2Bahasa Inggris untuk Seni dan Desain2DGJ3H3Metodologi Penelitian2
DGJ3A4Studio Desain Grafis 3 (Commercial & Corporate Identity Design)4DGJ3I4Studio Desain Grafis 4 (Etno Identity Design)4
DGJ3B3Desain Grafis Sosial3DGJ3J3Desain Antar Muka Aplikasi3
DGJ3C3Pengantar Branding3DGJ3K3Desain Kemasan Dasar3
DGJ3D3Desain Antar Muka untuk Web Site + Motion Graphic3DGJ3L3Environmental Graphic Design3
PMK PILIHAN 23DGJ3M3Inovasi Grafis3
DGJ3E3Tipografi Digital
DGJ3F3Ilustrasi Eksperimental
DGJG3Desain Pameran dan Ritel
202040

SEMESTER 7SEMESTER 8TINGKAT 4
KODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/CreditKODE MKNAMA MATA KULIAHSKS/Credit
DVJ4A2Kerja Profesi (smstr 7/8)2DCJ4E6Tugas Akhir/Skripsi (smstr 7/8)6
DGJ4A3Seminar3
DGJ4B4Studio Desain Grafis 5 (IdentIty Design and Visual Branding for Product Development)4TKewirausahaan2
DGJ4C3Desain Kemasan Lanjut3TPendidikan Agama Islam dan Etika2
TLiterasi Teknologi2
TPancasila2Kewarganegaraan2
TBahasa Indonesia (Ganjil)2
TLiterasi Data2
181432

Relasi Mata Kuliah


Media Sosial Peminatan

Instagram: @desaingrafis.telkomuniversity