Archives
Post Categories

Kuliah Umum Psikologi Persepsi: Keterkaitan Konsep Diri dan Kesehatan Mental dalam Perkembangan Dunia Periklanan

Kuliah Umum Psikologi Persepsi: Keterkaitan Konsep Diri dan Kesehatan Mental dalam Perkembangan Dunia Periklanan

Pada tanggal 26 November 2019, Tim Advertising dari Prodi DKV FIK Telkom University menginisiasi Kuliah Umum Psikologi Persepsi dengan tema “Keterkaitan Konsep Diri dan Kesehatan Mental dalam Perkembangan Dunia Periklanan” yang diadakan di Aula FIK Lantai 5. Acara ini dimaksudkan untuk mengakomodasi kebutuhan mahasiswa DKV FIK dalam memahami problematikan kesehatan mental yang belakangan ini tumbuh menjadi momok serius dalam kehidupan perkuliahan. Apalagi, jika dikaitkan dengan peranan iklan hingga media sosial yang sedikit banyak ikut mempengaruhi persepsi generasi muda dalam merespon lingkungan sekitarnya, termasuk tuntutan dunia akademik. Dalam Kuliah Umum tersebut, mahasiswa diajak untuk mendengarkan informasi serta berpartisipasi melalui sesi tanya jawab dalam materi yang dibawakan oleh 2 orang Psikiater yang kami undang, yakni Dr.Veranita Pandia,dr.,SpKJ(K).,M.Kes dan N.R Febrianti Santiardi Danasasmita,dr.,SpKJ.,MM yang berasal dari RSHS/FK Unpad.

 

Di sesi pertama, Dr. Vera—demikian beliau dipanggil, menjabarkan materi mengenai Konsep Diri: mulai dari pengertian Konsep Diri, perkembangan, komponen, maupun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsep seseorang mengenai dirinya sendiri. Bagaimana hal ini dikaitkan dengan maraknya gangguan kesehatan mental yang menyerang kaum milenial dewasa ini. Lalu Dr. Vera juga berinteraksi dengan para mahasiswa agar mau lebih terbuka mengenai konsep diri yang lebih positif dengan cara menghampiri beberapa peserta secara langsung.

Setelah sesi kedua dimulai, Dr. Feby pun melanjutkan materi edukatif tentang gangguan mental secara lebih spesifik, seperti contoh-contoh kesehatan mental yang paling umum dijumpai di masyarakat dan bagaimana respon yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa saat menghadapi situasi tersebut: bagaimana mengdidentifikasi penderita, mencari pertolongan pertama, kepada siapa sebaiknya penderita dirujuk, dan apa yang boleh atau tidak dianjurkan.

 

Kuliah umum ditutup dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. Diharapkan dengan adanya acara tersebut, maka baik tenaga pengajar maupun mahasiswa dapat lebih aware terhadap isu kesehatan mental hingga sifat saling mempengaruhi antara tren gangguan mental dan perkembangan industri periklanan.

No Comments

Post A Comment